17.8.17

Dahsyatnya Shalat Tasbih; Bisa Untuk Jodoh, Berikut Tata Cara Shalat Tasbih

Shalat tasbih merupakan salat Sunnah yang di dalamnya pelaku salat akan membaca kalimat tasbih (kalimat "Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar") sebanyak 300 kali (4 raka'at masing-masing 75 kali tasbih).

Shalat ini diajarkan Rasulullah SAW kepada pamannya, Abbas bin Abdul Muthallib. Namun beberapa ulama berbeda pendapat tentang hal ini.


Hikmah salat adalah dapat mencegah perbuatan keji dan kemungkaran, tentu saja dari salat tasbih yang dilakukan dengan hati yang ikhlas diharapkan akan dapat pula

Daftar Artikel Tentang Sholat



seseorang yang melakukannya dicegah atau terjaga dari perbuatan-perbuatan yang keji lagi mungkar.


Niat salat ini, sebagaimana juga salat-salat yang lain cukup diucapkan di dalam hati dan tidak perlu dilafalkan, tidak terdapat riwayat yang menyatakan keharusan untuk melafalkan niat akan tetapi yang terpenting adalah dengan niat hanya mengharapkan Ridho Allah Ta'ala semata dengan hati yang ikhlas dan khusyu.

Salat tasbih dilakukan 4 raka'at (jika dikerjakan siang maka 4 raka'at dengan sekali salam, jika malam 4 raka'at dengan dua salam) sebagaimana salat biasa dengan tambahan bacaan tasbih pada saat-saat berikut:
No. Waktu Jumlah tasbih
1 Setelah pembacaan Surat Al-Fatihah dan surat pendek saat berdiri 15 kali
2 Setelah tasbih ruku' 10 kali
3 Setelah I'tidal 10 kali
4 Setelah tasbih sujud pertama 10 kali
5 Setelah duduk di antara dua sujud 10 kali
6 Setelah tasbih sujud kedua 10 kali
7 Setelah duduk istirahat sebelum berdiri 10 kali
Jumlah total satu raka'at 75
Jumlah total empat raka'at 4 × 75 = 300 kali

Shalat Tasbih didalam Ajaran islam adalah salah satu Shalat yang disunnahkan untuk dikerjakan dan dilakukan bagi Setiap Muslim – Muslimah menurut Mazhab Syafi’i sehingga tiap tiap Seorang Mukmin yang mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih ini maka Insa Allah akan mendapatkan Pahala dan Keutamaaan Mengerjakan Shalat Tasbih yang banyak, tetapi tidak akan Berdosa jika Setiap Mukmin tidak mengerjakan (meninggalkan) Shalat Sunnah Tasbih ini karena sekali lagi Hukum Mengerjakan Shalat Tasbih adalah Sunnah, bukanlah Wajib.

Lalu untuk Shalat Sunnah Tasbih ini dikerjakan sebanyak Empat Rakaat dengan Dua Salam sehingga Shalat Tasbih dilakukan sebanyak Dua Kali karena Shalat Sunnah itu dilakukan masing – masing Dua Raka’at Satu Salam. Dan Seorang Muslim yg mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih ini maka diharuskan untuk membaca Kalimat Tasbih (Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Ilallah Wallahu Akbar) sebanyak 300 kali yang dibacakan disetiap Raka’at sebanyak Empat Raka’at. Dalam pembagian membaca Tasbih ini bisa kalian lihat didalam tabel dibawah ini :


Kemudian Mazhab Syafi’i dan sejumlah pandangan ulama berpendapat bahwa Shalat Tasbih adalah Shalat Sunnah, dikarenakan dengan melihat Hadits Shahih Riwayat Abu Daud bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda kepada Pamannya yang bernama Abbas bin Abdul Muthalib yg berbunyi : ” Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada pamannya (Sayidina Abbas Ra) untuk mengerjakan Shalat Tasbih. Kepadanya, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa Keistimewaan Shalat Tasbih itu banyak dan salah satunya ialah Ampunan Allah SWT. Kalau saja Dosa mu sebanyak Gundukan Pasir, niscaya Allah SWT akan mengampuni dosamu (HR. Abu Daud) ”.

=========Cari Juga
Cari Juga; kisah orang shalat tasbih, shalat tasbih untuk jodoh, manfaat sholat tasbih dan bahaya, waktu shalat tasbih, testimoni keajaiban shalat tasbih, misteri shalat tasbih, pengalaman shalat tasbih, kedahsyatan sholat tasbih, kedahsyatan sholat tasbih, waktu shalat tasbih, manfaat sholat tasbih dan bahaya, dahsyatnya shalat tasbih, misteri shalat tasbih, kisah orang shalat tasbih, berkah shalat tasbih, shalat tasbih untuk jodoh


5 Keutamaan Shalat Tasbih Bagi Setiap Muslim – Muslimah



Setelah kalian telah mengetahui secara lebih sederhana tentang Shalat Sunnah Tasbih, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian Pembaca Muslim untuk mengetahui Keutamaan Shalat Sunnah Tasbih karena tidak bisa dipungkiri bahwa Shalat Tasbih telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam untuk dilakukan oleh

Setiap Muslim – Muslimah, jika sanggup dilakukan setiap hari, jika tidak seminggu sekali, sebulan sekali ataupun minimal dilakukan sekali dalam seumur hidup. Untuk itu dibawah ini telah Penulis berikan Keistimewaan Mengerjakan Shalat Tasbih, yang bisa menjadi Motivasi buat kalian untuk mengerjakan Shalat Sunnah ini.


Akan Mendapatkan Pahala Sunnah


Langsung saja untuk Keutamaan Shalat Tasbih Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yg banyak, karena kalian sebagai Seorang Muslim – Muslimah sdh mengerjakan dan sudah menghidupkan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barang siapa yg menghidupkan 1 Sunnah dari Sunnah2ku, lalu diamalkan oleh Manusia, maka ia akan memperoleh Pahala seperti Pahala Orang2 yg mengamalkan-nya, dg tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun (HR. Ibnu Majah) ”.


Dapat Menghapuskan Dosa


Lalu Keajaiban Shalat Tasbih Yang Kedua adalah dapat menghapuskan dosa, baik itu dosa sebanyak Gundukan Pasir. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Abu Daud, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada pamannya (Sayidina Abbas Ra) untuk mengerjakan Shalat Tasbih. Kepadanya, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa Keutamaan Shalat Tasbih itu banyak dan salah satunya ialah Ampunan Allah SWT. Kalau saja Dosa mu sebanyak Gundukan Pasir, niscaya Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengampuni dosamu (HR. Abu Daud) ”.


Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT


Untuk Manfaat Mengerjakan Shalat Tasbih Yang Ketiga adalah sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Ketika Kalian menunaikan Shalat Sunnah Tasbih maka kalian diharuskan membaca Kalimat (Dzikir) Tasbih yakni Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Ilallah Wallahu Akbar sebanyak 300 kali di 4 Raka’at Shalat Sunnah Tasbih sehingga semakin kita banyak berdoa, hubungan kita dengan Allah Subhanahu wa ta’ala akan semakin baik, dekat dan hati kita akan senantiasa terisi asma-asma Allah Subhanahu wa ta’ala, untuk itu setiap hari kita akan lebih dekat dengan Allah Subhanahu wa ta’ala.


Merupakan Kebiasaan Orang Shaleh


Lalu Hikmah Mengerjakan Shalat Tasbih Yang Keempat adalah termasuk kedalam Orang Shaleh dan Shalehah yang menghormati Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Segelintir orang berasumsi bahwa mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih merupakan Ibadah Bid’ah, padahal Shalat Tasbih pertanda bahwa yang melaksanakannya adalah orang yang beriman kepada Allah SWT dan menghormati Rasulnya karena Rasulullah SAW juga pernah melaksanakan Shalat Tasbih ini, dan beliau telah memerintahkan kepada Pamannya Abbas bin Abdul Muthalib untuk mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih ini, yang telah dijelaskan didalam Hadits Shahih Riwayat Abu Daud.



Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Pikiran


Untuk Berkah Mengerjakan Shalat Tasbih Yang Kelima adalah akan mendapatkan ketenangan Batin (Jiwa) dan ketenangan Pikiran karena dengan mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih maka kita telah memuji Allah Subhanahu wa ta’ala, maka dengan itu Insa Allah akan dibalas dengan berupa pertolongan dalam menghadapi masalah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Selain itu didalam Gerakan – Gerakan Shalat bisa memberikan kesehatan bagi badan Manusia, sehingga dengan melakukan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah maka Otot – Otot Setiap Manusia bisa menjadi Rileks dan menyehatkan bagi Tubuh.

Cari Juga; kisah orang shalat tasbih, shalat tasbih untuk jodoh, manfaat sholat tasbih dan bahaya, waktu shalat tasbih, testimoni keajaiban shalat tasbih, misteri shalat tasbih, pengalaman shalat tasbih, kedahsyatan sholat tasbih, kedahsyatan sholat tasbih, waktu shalat tasbih, manfaat sholat tasbih dan bahaya, dahsyatnya shalat tasbih, misteri shalat tasbih, kisah orang shalat tasbih, berkah shalat tasbih, shalat tasbih untuk jodoh

Mungkin seperti itulah pembahasan mengenai salah satu Keutamaan – Keutamaan Shalat Tasbih yang bisa kalian dapatkan dan peroleh ketika mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih ini. Dan semoga saja apa yang sudah dituliskan disini bisa bermanfaat bagi Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia, karena Penulis sendiri sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu mengenal ataupun belum begitu memahami tentang Shalat Sunnah Tasbih ini.

Oleh karena itu dengan adanya pembahasan ini maka bisa diharapkan bagi kalian Para Pembaca Muslim – Muslimah bisa mengenal apa itu Shalat Sunnah Tasbih, selain Shalat Sunnah Tahajud dan Shalat

Sunnah Istikharah. Sekali lagi semoga ulasan ini bisa menjadi suatu Motivasi bagi kalian Umat Muslim Indonesia untuk

Cari Juga; kisah orang shalat tasbih, shalat tasbih untuk jodoh, manfaat sholat tasbih dan bahaya, waktu shalat tasbih, testimoni keajaiban shalat tasbih, misteri shalat tasbih, pengalaman shalat tasbih, kedahsyatan sholat tasbih, kedahsyatan sholat tasbih, waktu shalat tasbih, manfaat sholat tasbih dan bahaya, dahsyatnya shalat tasbih, misteri shalat tasbih, kisah orang shalat tasbih, berkah shalat tasbih, shalat tasbih untuk jodoh
Rizki Karena Shalat Tasbih
mengerjakan Shalat Sunnah Tasbih karena sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan, setiap hari kalau mampu dan jika tidak maka sebaiknya dikerjakan Seminggu Sekali, Sebulan Sekali, Setahun Sekali maupun Sekali dalam Seumur Hidup Kalian.

Cari Juga; kisah orang shalat tasbih, shalat tasbih untuk jodoh, manfaat sholat tasbih dan bahaya, waktu shalat tasbih, testimoni keajaiban shalat tasbih, misteri shalat tasbih, pengalaman shalat tasbih, kedahsyatan sholat tasbih, kedahsyatan sholat tasbih, waktu shalat tasbih, manfaat sholat tasbih dan bahaya, dahsyatnya shalat tasbih, misteri shalat tasbih, kisah orang shalat tasbih, berkah shalat tasbih, shalat tasbih untuk jodoh





Doa Selesai Sholat Tasbih


ﺍﻟﻠّﻬُﻢَّ ﺍِﻧِّﻰ ﺍَﺳْﺌَﻠُﻚَ ﺗَﻮْﻓِﻴْﻖَ ﺍَﻫْﻞِ ﺍْﻟﻬُﺪَﻯ ، ﻭَﺍَﻋْﻤَﺎﻝَ ﺍَﻫْﻞِ ﺍْﻟﻴَﻘِﻴْﻦ ، ﻭَﻋَﺰَﻡَ اُولِى ﺍﻟﺼَّﺒْﺮِ ، ﻭَﺟَﺪَّ ﺍَﻫْﻞِ ﺍﻟْﺨَﺸْﻴَﺔِ ، وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّقْوٰى ، ﻭَﻃَﻠَﺐَ ﺍَﻫْﻞِ ﺍﻟﺮَّﻏْﺒَﺔِ  ، ﻭَﺗَﻌَﺒُّﺪَ ﺍَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻮَﺭَﻉِ ، ﻭَﻋِﺮْﻓَﺎﻥَ ﺍَﻫْﻞِ ﺍْﻟﻌِﻠْﻢِ ، ﺣَﺘﻰَّ ﺍَﺧَﺎﻓَﻚَ ﻣَﺨَﺎﻓَﺔً ﺗُﺤْﺠِﺰُﻧِﻰ بِهَا ﻋَﻦْ ﻣَﻌَﺎﺻِﻴْﻚَ ﺣَﺘَّﻰ ﺍَﻋْﻤَﻞَ ﺑِﻄَﻌَﺎﺗِﻚَ ﻋَﻤَﻼً ﺍِسْتَحَقَّ ﺑِﻪِ ﺭِﺿَﺎﻙَ ﻭَﺣَﺘَّﻰ ﺍُﻧَﺎﺻِﺤَﻚَ ﻓِﻰ ﺍﻟﺘَّﻮْﺑَﺔِ ﺧَﻮْﻓًﺎ ﻣِﻨْﻚَ ﻭَﺣَﺘَّﻰ ﺍَﺧْﻠِﺺَ ﻟَﻚَ فِى ﺍﻟﻨَّﺼِﻴْﺤَﺔَ ﺣُﺒًّﺎﻟَﻚَ ﻭَﺣَﺘَّﻰ ﺍَﺗَﻮَﻛَّﻞَ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻓﻰ ﺍْﻷُﻣُﻮْﺭِ ﻛُﻠِّﻬَﺎ حُسْنَ ﺍﻟﻈَّنِّىَّ ﺑِﻚَ . ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺧَﺎﻟِﻖِ ﺍﻟﻨُّﻮْﺭِ.

Artinya : Ya Allah, aku memohon kepada-Mu taufiq Orang-orang yang mendapat petunjuk, amalan Orang-orang yang mempunyai keyakinan kuat, ketulusan Orang-orang yang bertaubat, keteguhan hati Orang-orang yang sabar, kesungguhan Orang-orang yang takut kepada-Mu, permohonan Orang-orang yang mengharapkan-Mu, Ibadah ( ketaatan ) ahli wira’I dan kebijakan ahli ilmu, sehingga aku takut kepada-Mu. Ya Allah aku memohon kepada-Mu perasaan takut yang dapat menhalangiku berbuat maksiat, sehingga aku dapat melakukan suatu amalan untuk mentaati perintah-Mu, yang dengan amalan itu aku berhak mendapat ridho-Mu, hingga aku sanggup memurnikan taubatku karena takut kepadamu. Mengikhlaskan nasihat-Mu karena cintaku kepada-Mu. Dan aku bertawakkal kepada-Mu dalam segala urusan karena persangkaan baikku kepada-Mu Maha Suci Dzat yang menciptakan cahaya.

Shalat Tasbih adalah shalat sunnah yang didalamnya banyak mengandung bacaan tasbih, sebanyak 300 kali tasbih yang dibaca dalam sholat tersebut.
Hukum shalat tasbih adalah sunnah. Shalat Tasbih dianjurkan kepada kita untuk dilakukan setiap hari, atau kalau tidak mampu dilakukan dalam  seminggu sekali, atau sebulan sekali, atau setahun sekali. Atau paling tidak harus ada seumjur hidup sekali. Demikian Rasulullah menganjurjkan kepada kita.
Waktu Sholat Tasbih
Sholat tasbih bisa dilakukan kapan saja, asalkan jangan pada waktu-waktu terlarang seperti saat tergelincir matahari (sesudah sholat subuh atau sebelum zuhur) dan saat terbenam matahari (sesudah sholat ashar). Selain dari waktu tersebut boleh dikerjakan sholat tasbih kapan saja dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Jika melakukan sholat tasbeh disiang hari hendaklah dikerjakaan 4 raka’at dengan satu salam.
  2. Jika melakukan sholat tasbeh pada malam hari, hendaklah emapat raka’at itu dijadikan dua salam.
  3. Shalat tasbih tidak disunatkan untuk berjamaah.


Cari Juga; kisah orang shalat tasbih, shalat tasbih untuk jodoh, manfaat sholat tasbih dan bahaya, waktu shalat tasbih, testimoni keajaiban shalat tasbih, misteri shalat tasbih, pengalaman shalat tasbih, kedahsyatan sholat tasbih, kedahsyatan sholat tasbih, waktu shalat tasbih, manfaat sholat tasbih dan bahaya, dahsyatnya shalat tasbih, misteri shalat tasbih, kisah orang shalat tasbih, berkah shalat tasbih, shalat tasbih untuk jodoh




Cara Melakukan Shalat Tasbih

Niat melakukan sholat tasbih pada siang hari (4 rakaat dengan 1 salam)

  1. Cara Melakukan Shalat tasbih
    Artinya: Aku niat sholat tasbih empat rakaat karena Allah Ta'ala
    •  Niat sholat tasbih pada malam hari (4 rakaat dengan 2 salam)

    Artinya: Aku Niat sholat tasbih dua rakaat karena Allah Ta'ala.
  1. Kemudian takbiratul ihram, membaca doa Iftitah, dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah kemudian membaca surat Al-Kafiruun (pada rakaat pertama) dan surat Alikhlas (pada rakaat kedua), setelah selesai membaca surat, dilanjutkan membaca tasbih sebanyak 15 X.
Berikut Bacaan tasbih:
  1. Lalu ruku’ dan  membaca doa seperti biasa, kemudian membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 x.
  2. Lalu I’tidal, dan membaca  doa I’tidal kemudian membaca Tasbih sebanyak 10 X.
  3. Lalu sujud, dan membaca doa sujud seperti biasa, kemudian membaca Tasbih sebanyak 10 X.
  4. Lalu duduk diantara dua sujud dan membaca doa seperti biasa, kemudian membaca tasbih sebanyak 10 X
  5. Lalu sujud yang kedua kali, dan membaca doa sujud, kemudian membaca tasbih sebanyak 10 X,
  6. Selanjutnya sebelum berdiri pada rakaat yang kedua, supaya duduk istirahat sejenak dan dalam duduk istirahat tersebut membaca tasbih  sebanyak 10 X.
  7. Untuk selanjutnya pada rakaat yang ke 2 sama seperti pada rakaat pertama.
  8. Kemudian duduk tasyahud akhir. Pada tasyahud akhir membaca tasbih terlebih dahulu sebanyak 10 x, kemudian baru membaca doa tasyahud akhir.
  9. Lalu memberi salam.
Demikianlah cara mengerjakan shalat Tasbih. Tiap-tiap satu rakaat apabila kita hitung seluruh bacaan tasbihnya berjumlah 75 kali tasbih, dan 75 x 4 raka’at = 300 tasbih.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Daftar Upah Minimum Regional (UMR) Upah Minimum Provinsi (UMK) Upah Minimum Kabupaten (UMK) Terbaru

Upah Minimum Regional (UMR) Terbaru - Upah minimum provinsi yang kemudian dikenal dengan istilah UMP atau UMR adalah daftar atau standar up...

Popular Posts