17.12.11

Dakwah Perempuan, Catatan Jamaah Masturoh Khuruj 3 Hari

Catatan ini kami ambil dari salah satu blog http://risahpunyakreasi.blogspot.co.id. Ia menuliskan tentang bagaimana jamaah Masturoh yang sudah melalui masa 3 hari dalam menjalani khuruj fi sabilillah.

Berikut catatan lengkapnya yang kami edit dengan tidak menghilangkan makna yang terdapat di dalamnya. 

Alhamdulillah masturoh 3 hari telah berjalan dengan lancar di rumah ku. Mungkin bagi yang awam ( selain karkun atau jamaah tabligh )tidak akan mengerti apa itu masturoh. Masturoh adalah suatu kegiatan dimana sekumpulan orang berkumpul untuk mempelajari suatu bahasan baru tentang ilmu agama dan di pimpin oleh seorang amir ?.

Selama 3 hari, disuatu rumah yang tertutup hijab rapat. Biasanya para peserta masturoh adalah wanita bercadar. Di dalam rumah tersebut di beri fasilitas untuk kebutuhan sehari-hari, seperti kamar mandi, dll. Makanan di antar bergiliran oleh keluarga yang sedang tidak masturoh (ribet bgt ya bahasanya?)

Makanan yang di antar biasanya lengkap dan menggiurkan, sebagaimana layaknya hidangan pesta. Jadi para jamaah yang sedang masturoh tidak perlu repot-repot dengan urusan masakan, dll.

Para jamaah tinggal belajar dan beribadah dengan baik. Selama 3 hari menjalani masturoh, para jamaah dianjurkan untuk tidak mencuci, karna fadhilah keringat dan debu yang menempel di baju yang dipakai masturoh adalah sebagai tameng di api neraka kelak. (jadi sehabis maturoh, bersiaplah banyak mencuci)

Masturoh datang dari berbagai daerah. Rumah yang akan dijadikan tempat masturoh di musyawarahkan di markas (masjid Al-falah). Lalu di musyawarahkan juga siapa saja yang bersedia ikrom makanan, dan bagi rumah yang siap menerima jamaah, amir (ketua) akan
tafakut ke rumah si penerima masturoh dan mengecek kelayakan rumah tersebut.

Apakah hijab nya telah memenuhi syarat, apakah kamar mandi dan peralatan lain tidak lengkap. Nah apabila tidak lengkap, maka jamaah yang lain akan dengan senang hati memberikan atau melengkapi kekurangan tersebut.



Apa saja yang dipelajari di dalam masturoh?


Ada banyak hal yang dipelajari dan dibahas dalam masturoh, diantaranya
  • 1. 6 sifat para sahabat
  • 2. Adab-adab sehari-hari (seperti adab makan,minum, masuk kamar mandi, adab suami istri, adab remaja, adab keluar rumah, adab berhias, adab masturoh, adab da'wah, dll.)
  • 3. Fikir Alam
  • 4. Kesatuan hati
  • dll (lupe ^_^)


Kita akan bahas dulu mengenai 6 sifat para sahabat.

Allah SWT meletakkan kejayaan dunia dan akhirat pada agama yg sempurna.
agama yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Para sahabat mampu mendapatkan agama yang sempurna dengan mengamalkan 6 sifat para sahabat.

6 sifat para sahabat yaitu :
  • 1. Meyakini kalimat Laa ilahaillallah muhammadurrasulullah
  • 2. Shalat khusu' wal khudu'
  • 3. Ilmu ma'a zikir
  • 4. Ikromul muslimin
  • 5. Ikhlas sunniah
  • 6.Da'wah wa Tabligh

Sekian. Semoga Allah meridhai Jamaah Masturoh, belajar iman yakin. Dunia sementara akhirat selamanya, Lailahaillah.

LABEL MASTUROH dan JAMAAH TABLIGH

kisah jamaah masturoh, muzakarah masturoh, tujuan masturoh dikeluarkan, hukum masturoh, masturoh photo, program masturoh, arti masturoh dalam islam

ARTIKEL TERKAIT

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Daftar Upah Minimum Regional (UMR) Upah Minimum Provinsi (UMK) Upah Minimum Kabupaten (UMK) Terbaru

Upah Minimum Regional (UMR) Terbaru - Upah minimum provinsi yang kemudian dikenal dengan istilah UMP atau UMR adalah daftar atau standar up...

Popular Posts