Manfaat Shalat Ashar dan Kerugian Bagi yang Meninggalkan Shalat Ashar

Manfaat shalat ashar banyak yang tidak di ketahui oleh seorang muslim.Manfaat shalat ashar dapat dirasakan langsung di dunia bahkan kelak di akhirat.Akan tetapi banyak seseorang yang masih sering mengerjakan shalat ashar di akhir waktu bahkan tidak mengerjakan samasekali .

Hal ini sangat di larang dan orang yang melakukan hal ini termasuk orang yang sangat rugi. Mengapa demikian ? karena di balik perintah shalat ashar , Alloh swt selalu memiliki suatu rahasia di balik rahasia , yang terkadang manusia tidak menyadarinya .

Dasar perintah shalat ashar


Dalil naqli yang menjelaskan tentang shalat Ashar yaitu terkandung di dalam QS.Al- Baqarah ayat 238. Pengertian bahwa shalat wustha adalah shalat ashar yaitu terkandung di dalam hadist nabi

Dalam sebuah hadist juga di jelaskan ,Rosulullah bersabda :“Mana kala shalat ashar adalah waktu dimana Nabi Adam a.s. memakan buah huldi . Ini sebagai pengingat untuk seluruh umat islam agar tidak melakukan dosa seperti yang dilakukan nabi adam , dan semoga orang mukmin yang mengerjakan shalat ashar akan diampuni seperti bayi baru lahir .”


Manfaat shalat ashar


Ada banyak manfaat shalat ashar yang di jelaskan dalam al – qur’an dan hadist , manfaat dari shalat ashar yaitu diantaranya :

1. Balasan mengerjakan shalat ashar yaitu syurga


2. Orang yang mengerjakan shalat ashar akan mendapatkan pahala dua kali lipat .



3. Seseorang yang menjaga shalat ashar  akan diharamkan api neraka baginya .


4. Seseorang yang menjalankan shalat ashar maka akan di mudahkan melihat dzat Alloh swt tanpa berdesakan di syurga .

5. Shalat ashar bermanfaat secara medis dan psikis

Shalat ashar dilaksanakan di waktu dimana kebanyakan orang mengakhiri sebuah pekerjaan . Di waktu itupun seseorang merasa lelah dan emosi meningkat karena beban pekerjaan seharian yang sangat banyak . Ada pula di waktu ini merupakan awal pergantian pekerjaan . Maka dengan shalat ashar mampu melancarkan peredaran darah, sehingga   yang awalnya sudah malas dan lelah bahkan emosi sudah memuncak akan kembali fres dan rilex . Dan bagi yang baru akan mulai bekerja akan lebih semangat menjlani aktivitasnya .

Balasan orang yang menunda shalat ashar


Dalam kehidupan sehari – hari tentu terkadang kita banyak pekerjaan yang menyita waktu .Walaupun demikian sebagai seorang muslim kita tidak boleh meninggalkan kewajiban kita untuk beribadah salah satunya yaitu mengerjakan shalat ashar .

Seseorang yang mengerjakan shalat ashar di akhir waktu dikarenakan sebab tertentu yang sangat darurat dan hanya sesekali  maka shalatnya akan tetap syah walaupun hanya satu raka’at. Beda halnya dengan seseorang yang senang yang tiap harinya suka menunda – nunda padahal dirinya sempat maka orang ini termasuk kedalam ciri – ciri orang Munafik . Rosulullah saw bersabda :

Balasan bagi orang yang meninggalan shalat Ashar


Orang yang meninggalkan shalat ashar ia akan mendapatkan dosa yang sangat besar dan akan terhapus amal perbuatannya  , sampai – sampai di gambarkan seperti kehilangan seluruh keluarganya dan harta bendanya .

Masih tetap meninggalkan shalat ashar ,walau sudah mengetahui apa saja manfaat dari shalat ashar dan bahaya meninggalkannya ? tentu tidak kan. Semoga setelah membaca ini sesibuk – sibuk nya kita , kita tetap ingat kepada kewajiban kita sebagai seorang hamba menjalankan ibadah kepada Alloh swt.

Tulisan Keajaiban Shalat Ashar sebagai Wustha ini diangkat dari salah satu bahasan buku masjidil Haram menyatukan kalender Islam untuk menegaskan bahwa Siang lebih dulu daripada malam.

Pendapat Siang sebagai awal hari dalam Islam dapat diperkuat dengan kedudukan shalat ashar sebagai shalat wustha. Wustha yang bermakna pertengahan terdapat dalam surat Al baqarah 238. Dalam ayat ini diperintahkan untuk memelihara shalat dan dilakukan dengan khusyu’.

 حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ

Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa.

Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'. (QS.2:238) kata wustha dalam ayat tersebut merupakan penegasan terhadap salah satu shalat yang berada dipertengahan.

Dalam sebuah hadits wustha disebutkan sebagai shalat ashar Dari Ali bin Abu Thalib radliallahu 'anhu dia berkata: "Kami bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika perang Khandaq, lalu beliau bersabda:

'Semoga Allah memenuhi kubur mereka dan rumah mereka dengan api sebagaimana mereka menyibukkan kami dari shalat wustha hingga matahari terbenam.'" Shalat wustha adalah shalat Ashar. (HR. Bukhari 5917)

Terkait shalat wustha adalah shlat Ashar terdapat perbedan pendapat dikalangan ulama. Ada yang menyatakan bahwa shalat wustha adalah subuh, dzuhur dan ashar.

Hal ini dimaklumi mengingat terdapat hadits yang menyatakan shalat wustha itu juga termasuk shalat subuh dan dzuhur. Namun ulama jumhur bersepakat bahwa shalat Ashar sebagai Wustha. Hal ini juga sesuai dengan kajian penulis terhadap tingkatan isi hadits yang berkaitan dengan shalat wustha.

Hadits yang paling kuat adalah yang menyatakan Ashar sebagai shalat wustha. Demikian juga kedudukan ashar sebagai shalat wustha juga dapat dilihat melalui keajaiban kedudukan shalat ashar sebagai sebagai shalat wustha. Keajaiban itu dapat dilihat melalui tiga kedudukannya yaitu :

  • 1. Pertengahan diantara semua shalat baik siang saja atau sehari semalam. Dimana ada empat shalat siang yaitu Shalat Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan satu shalat malam yaitu shalat Isya.
  • 2. Pertengahan kedudukan shalat Ashar tersebut bukan hanya berdasarkan pertengahan menurut pendapat umum bahkan pertengahan berdasarkan teori Golden Ratio. Padahal Teori golden ratio atau teori fibonaci baru dikenal tahun 1200. Sementara Alquran telah diturunkan enam abad sebelumnya.
  • 3. Pertengahan shalat ashar dapat dilihat secara keseluruhan maupun per-rakaat-nya baik mulai rakaat pertama hingga keempat.

Keajaiban Shalat Ashar sebagai Wustha Keajaiban Shalat Ashar sebagai Wustha ini semakin mempertegas bahwa permulaan hari dalam islam adalah siang yang ditandai dengan shalat subuh sebagai awalnya. Semoga Islam dapat menyatukan kalendernya untuk kesatuan kegiatan. Insya Allah melalui perubahan awal hari dari magrib menjadi subuh menjadi pembuka jalan untuk penyatuan kalender Hijriah. Aamiin Ya Rabbal Alamin


Keajaiban dan Rahasia Manfaat Shalat Ashar


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
SubhanAllah Alhamdulillah Allahu Akbar

“PELIHARALAH segala shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wustha (ashar),” (al-Baqarah [2]: 238).

Rasulullah SAW bersabda: “Para malaikat mengawasi kalian dengan bergantian antara malam dan siang. Mereka kmudian berkumpul pada waktu shalat subuh dan shalat ashar. Lalu malaikat yang mengawasi di malam hari naik ke atas. Maka Tuhan bertanya meski Dia lebih tahu dari mereka, ‘Bagaimana kalian meninggalkan hamba-hamba-Ku?’ Para malaikat menjawab, ‘Ketika kami pergi, mereka sedang melaksanakan shalat. Dan ketika kami datang, mereka juga sedang melaksanakan shalat,’” (HR Bukhari).

“Siapa saja yang tidak melaksanakan shalat Ashar, maka amal perbuatannya akan hilang sia-sia,” (HR Bukhari).

Dalam shalat Ashar terdapat keutamaan yang besar, Rasulullah SAW menghubungkannya dengan shalat Subuh.

Mayoritas umat Islam mengakhiri pekerjaan mereka setelah shalat Ashar tiba . Dengannya, shalat Ashar dapat menjadi penyembuhan efektif dari segala sesuatu yang dilalui pada hari itu, seperti kendala-kendala emosional, ketegangan, dan kelelahan.

Mayoritas kaum muslimin membagi aktivitas mereka menjadi dua tahap. Tahap kedua ini dimulai setelah shalat Ashar.

Oleh sebab itu, termasuk manfaat shalat Ashar adalah mengusir kemalasan, memulihkan tubuh setelah makan, tidur, dan beristirahat, memulihkan peredaran darah, meratakan penyebaran aliran darah pada seluruh anggota tubuh, serta menyalurkan energi yang dibutuhkan untuk memulai pekerjaan.

Wa’alaikum sallam warohmatullahi wabarokatuh.
Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyil ‘azhim. Allahumma sholli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Muhammad. Astaghfirullahal ‘azhim wa atubu ilaih.

==tag--manfaat shalat maghrib, keistimewaan shalat ashar dan subuh, keajaiban sholat subuh pdf, manfaat sholat subuh, pengertian shalat ashar, keutamaan shalat ashar berjamaah di masjid, telat sholat ashar, manfaat shalat ashar bagi kesehatankeutamaan shalat ashar dan subuh, keajaiban shalat ashar, keistimewaan waktu ashar, keutamaan shalat maghrib

Comments

TERPOPULER MINGGU INI

Arti Mimpi Bertengkar dengan Teman Lama Berdasarkan Mujarrobat Primbon Mimpi

Cara dan Panduan Menulis Lampiran di SKRIPSI UNIVERSITAS

Kehidupan Jamaah Masturoh atau Perempuan di Jamaah Tabligh