CARI DI BLOG INI

6.9.14

Keuntungan Beli Rumah dengan cara Kredit

Membeli rumah adalah keputusan yang bijak. Tetapi biarpun hampir semua orang mengakui bahwa beli rumah itu menguntungkan, ternyata masih banyak orang yang masih ragu untuk melakukannya, terutama karena harga rumah cukup mahal.

Setelah menghitung tabungan uang yang dimiliki, banyak orang yang lalu berpikir masih perlu menabung lebih lanjut sebelum bisa membeli rumah idaman. Baik secara finansial maupun secara emosional. Secara finansial, dengan membeli rumah kita bisa mengurangi pengeluaran untuk biaya sewa, sekaligus menjadi alat untuk menabung penghasilan pada sebuah asset yang terus naik nilainya.

Sedangkan pertimbangkan faktor emosional seperti kebanggaan, ketenangan jiwa dan kebahagiaan keluarga juga pastnya akan muncul apabila memiliki rumah. Oleh sebab itu ada beberapa langkah untuk bisa memeiliki rumah, salah satunya caranya adalah dengan cara KPR atau kredit pemilikan rumah.


Dengan adanya produk KPR yang ditawarkan bank-bank besar (seperti Maybank misalnya), hanya dengan tabungan beberapa puluh juta saja sudah cukup untuk membeli rumah.

Banyak keuntungan membeli rumah dengan menggunakan KPR, antara lain:

1. Hanya perlu membayar DP dan biaya-biaya

Salah satu sebab untuk menggunakan KPR dalam membeli rumah adalah untuk mempercepat pembelian rumah. Bila kita harus menabung untuk beli rumah sedangkan harga properti terus naik, maka ibaratnya kita berlari untuk mengejar kereta. Pastinya kita akan tertinggal. Tapi dengan adanya KPR, kita hanya perlu menabung untuk bayar DP dan biaya-biaya lainnya (notaris, pajak jual beli, dsb) saja. Dengan penghasilan 10 juta per bulan misalnya, tabungan 100 juta seharusnya bisa tercapai dalam beberapa 3 asalkan kita berhemat. 

2. Bunga KPR sekarang sedang turun, sehingga nilai investasi bersih kita dapat terus naik

Ada argumen yang mengatakan bunga KPR akan "memakan" keuntungan dari investasi rumah. Padahal dengan bunga KPR saat ini yang di bawah 10% per tahun, dan harga rumah yang naik bisa naik hingga 15% per tahun, maka masih ada keuntungan bersih 3-5% per tahun yang bisa diraih dari investasi rumah.

3. Adanya KPR akan membantu kita menabung

KPR akan membantu kita untuk menabung bagi hari tua karena ternyata rumah kita itu dapat menjadi "tabungan hari tua". Artinya dengan membayar cicilan KPR bulanan, sebenarnya kita sudah mempersiapkan dana pensiun bagi masa tua nanti.

Maka jangan ragu untuk menggunakan cara kredit untuk membeli rumah sekarang. Dijamin anda tidak akan menyesal.

Disadur dari tulisan IVI Soraya & Kompasiana

No comments:

Post a Comment