Contoh Makalah : Pendahuluan, Latar Belakang, Rumusan Makalah


PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG

Sebagai Negara yang besar dan dengan sumber kekayaan alam yang melimpah pada dasarnya Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk menjadi suatu Bangsa yang maju, bermartabat dan lebih baik dari pada saat ini, dan itu semua sanggup terwujud pastinya dengan pertolongan sumber kekuatan manusia yang berkualitas.

kreatif dan mempunyai visi yang menyadari dan terarah untuk kemajuan Bangsa. Untuk mencukupi obyek terciptanya sumber kekuatan manusia yang memiliki kualitas pastinya pendidikan adalah segi yang paling utama yang tidak sanggup dipisahkan pada sekarang ini.

Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada pasal 3 (tiga) yang mengatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk sifat serta peradaban bangsa yang bermartabat didalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tujuan dari pendidikan nasional tidak saja hanya mencetak sumber kekuatan manusia yang cerdas akan tapi terhitung sanggup mencetak kepribadian yang berkarakter, berakhlak, kreatif, mempunyai misi visi dan bertanggung jawab serta sebagai warga negara yang baik.

Kesuksesan seseorang dari dulu terlepas dari potensi yang dimiliki oleh orang tersebut, potensi didalam arti tidak saja bicara tentang skil akan tapi meliputi kemampuan seseorang mengimplementasikan potensi yang dimiliki untuk orang banyak, kemampuan mengelola diri dan orang lain.

Kesuksesan seseorang ditentukan oleh soft skill dan itu artinya karakteristik seseorang mempunyai porsi yang lebih besar sebagai penentu sukses tidaknya seseorang dimana karakteristik seseorang terlampau tergoda oleh mutu pendidikan sifat yang ia serap.


A. RUMUSAN MASALAH
Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain :

a. Apa pengertian pendidikan karakter
b. Bagaimana Contoh program pendidikan karakter
c. Bagaimana peran pendidikan karakter dalam membangun kemajuan bangsa
B. Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dalam penulisan makalah ini sebagai berikut

a. Untuk mengetahu contoh program pendidikan karakter
b. Untuk mengetahui apa itu pendidikan karakter
c. Untuk mengetahui peran pendidikan karakter dalam membangun kemajuan bangsa
5# Contoh Pembahasan Makalah
Bab III : Pembahasan Makalah

Pembahasan contoh makalah berisi tentang rangkuman kegiatan yang dperoleh dilapangan, atau pengalaman sesuai kenyataan, serta dikaitkan dengan ilmu dan teori yang sudah ada. Jika memiliki kesesuaian yang dibahas lebih lanjut biasanya hanya pendapat pribadi yang berkaitan erat dengan tema, usulan,  saran, gagasan dan ide.

Jika dalam pembahasan makalah tidak sesuai dengan kenyataan yang berada dilapangan, maka hal seperti ini dapat ditinjau ulang kenapa dapat terjadi seperti itu. karena dalam pembahasan sebuah makalah harus bisa dijelaskan dengan baik dan rinci.

Berisi mengenai pembahasan serta penelitian yang berkaitan tentang ilmu atau teori yang sudah pernah dibahas, oleh para ahli yang berkaitan topik dan tema pembahasan pada contoh makalah atau paper yang hendak dipilih. Pembahasan materi yang dipilih dalam pembuatan makalah harus yang dibahas secara praktis yang mudah untuk dimengerti dan teoritis yang bisa berkaitan dengan pelaku praktis teori dan ilmu tersebut bisa sesuai kenyataan dalam kehidupan keseharian.

Dalam penulisan yang diambil dan bersumber dari para ahli, jangan lupa untuk mencantumkan nama, tahun dari sumber yang kalian jadikan referensi membuat isi makalah. Jika kalian mencontoh dari sumber buku, maka tulis juga nama dan tahun buku tersebut, sehingga dalam penulisan daftar isi makalah dapat tertulis dengan jelas dan tidak diragukan, kalau kamu juga mengambil kutipan makalah dari orang lain, maka cantumkan pula halaman dimana kutipan tersebut kalian gunakan sebagai contoh makalah.

Comments

TERPOPULER MINGGU INI

Arti Mimpi Bertengkar dengan Teman Lama Berdasarkan Mujarrobat Primbon Mimpi

Cara dan Panduan Menulis Lampiran di SKRIPSI UNIVERSITAS

Kehidupan Jamaah Masturoh atau Perempuan di Jamaah Tabligh