Upah Minimum Regional, UMP, UMK, Beda Pengertian Lo?

Pengertian UMR, UMP dan UMK - Karyawan, Tenaga Kerja Indonesia, Tenaga Kerja Wanita singkatnya para pencari rizki di perusahaan orang tentu tak tak asing dengan istilah UMR, UMK, dan UMP. Namun secara fungsional banyak diantara kita yang belum mengetahui apa itu UMR, UMK, dan UMP dan apalagi perbedaannya. Bahkan, sebagian dari tenaga kerja menganggap ketiga istilah tersebut sama padahal sangat berbeda.

Daftar Artikel tentang Upah Minimum


Lalu Apa Itu UMR, UMK dan UMP?

UMR adalah Upah Minimum Regional yang merupakan suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pegawai, karyawan, atau buruh di dalam lingkungan usaha atau kerjanya. Sebelum UMR dihilangkan, UMR diatur melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja No.05/Men/1989 tanggal 29 Mei 1989 tentang Upah Minimum.

Upah Minimum Kabupaten (UMK) Itu Apa Sih? 

UMK adalah upah minimum kota atau kabupaten yang biasanya diberikan kepada pekerja. Biasanya UMK nilainya lebih besar dibandingkan dengan UMP. Lalu apa itu UMP, UMP adalah Upah Minimum Provinsi.


Kalau Upah Minimum Provinsi (UMP) Apa ya?

UMP atau Upah Minimum Provinsi merupakan upah minimum yang berlaku untuk satu provinsi. Jika di dalam suatu kabupaten atau kita sudah memiliki ketentuan mengenai UMK yang jumlahnya harus lebih besar dari UMP maka yang berlaku adalah ketentuan mengenai UMK.