Kaya dan Jadilah Jutawan dengan Adsense Blogger, Begini Caranya

Pada artikel yang ditulis oleh admin solusik ini, membahas masalah sharing cara admin menghasilkan jutaan melalui AdSense, (Link Dibawah) Admin cukup sering mendapat pertanyaan dari blogger tentang bagaimana cara menghasilkan banyak uang melalui blog/website, jawaban saya selalu begini:

“Jangan membuat blog kalau kamu mau cepet kaya”, mending kamu coba bisnis online lain karena saya bisa 100% jamin kamu bakal kecewa kalau terlalu banyak berharap sama penghasilan blog. Per Oktober 2017 blog Solusik ini telah memiliki >300 ribu pageviews/bulan dan tentu dengan views sebanyak itu saya bisa mendapatkan jutaan rupiah melalui AdSense, ya bisa dibilang saya adalah salah satu jutawan AdSense dari sekian banyak blogger di Indonesia.

Namun sebelum mencapai trafik dan penghasilan tersebut saya sudah 2 tahun berkecimpung dalam dunia blogging, dalam 1 tahun pertama blog ini tidak menghasilkan uang sama sekali (alternatifnya saya gunakan blog sebagai sarana marketing untuk jualan), sebenarnya saya ingin membuat artikel ini dari dulu namun tentu saya harus membuktikan dulu kalau saya sendiri bisa menjadi jutawan AdSense, jadi bukan sekedar blogger yang ngajarin orang lain cara menghasilkan jutaan dari AdSense tapi blognya sendiri ga menghasilkan jutaan bahkan ga ada AdSense nya.

Pertama saya ga perlu pamer penghasilan dashboard AdSense saya karena hal seperti itu gampang sekali dimanipulasi di internet (screenshot palsu) terlebih setiap publisher AdSense juga dilarang membeberkan berapa penghasilannya kepada orang lain, namun saya bisa berikan sedikit gambaran trafik blog ini bulan kemarin:

trafik blog website solusikMemang ga banyak-banyak amat, saya yakin masih banyak blogger-blogger master diluar sana yang trafik dan penghasilannya jauh diatas saya bahkan bisa menghasilkan puluhan juta melalui blognya, bukan berarti saya tahu segalanya tentang bagaimana cara mendapatkan trafik/penghasilan, setiap blogger pasti memiliki pendekatan yang berbeda-beda untuk mengembangkan blognya, dan semoga apa yang saya bagikan disini berdasarkan pengalaman saya pribadi bisa bermanfaat untuk Anda.

1. Jangan memulai blog dengan mindset mencari uang


Sebelum bicara mengenai teknis, saya ingin tekankan bahwa motivasi Anda membuat blog itu jauh lebih penting daripada seberapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan, saya memulai blog Solusik ini 2 tahun yang lalu, tujuan saya cuma ingin berbagi (mungkin terdengar naif) namun saya tetap sadar bahwa blog ini memiliki potensi dimasa depan.

Jangan membuat blog karena ingin cepat kaya, ingin cepat jadi jutawan AdSense, mau dapet penghasilan puluhan juta, karena menurut saya sebagai seorang blogger “blog is not a good business”, usaha yang kita lakukan untuk membangun blog, mendatangkan trafik dan menulis konten saya rasa tidak setimpal dengan bayaran yang kita dapat (it’s not worth it), bahkan saya sering merasa seperti membuang-buang waktu saat ngeblog karena ujung-ujungnya ga dapat apa-apa, beberapa teman saya juga bilang ngapain sih nulis di blog kaya orang ga ada kerjaan dan terkadang saya setuju dengan pemikiran mereka.

Namun apa yang membuat saya tetap menulis di blog ini? Mindset dan motivasi. Bagi saya blog adalah investasi jangka panjang dan saya suka membagikan apapun yang ada dikepala saya kepada orang lain sebebas-bebasnya, daripada ide, opini, pemikiran, perasaan, dan apapun itu dipendam sendirian, lebih baik saya curahkan semuanya di blog ini.

Kenapa mindset ini penting? Karena tanpa mindset diawal paling-paling Anda cuma akan bertahan ngeblog selama 2 minggu antara keburu bosan atau capek karena trafik ga naik-naik. Saya baru bisa mencapai trafik ratusan ribu/bulan setelah 1,5 tahun ngeblog dan selama itu pula blog ini tidak menghasilkan apa-apa, mengapa saya bisa terus menulis selama itu? Karena memang saya sendiri tidak pernah mentargetkan berapa banyak trafik atau penghasilan yang harus didapat oleh blog ini, kebanyakan orang hanya peduli pada angka trafik/revenue sampai-sampai mereka lupa untuk membangun value blognya dan membuat orang lain tertarik untuk membaca tulisan-tulisan mereka.

Memang trafik dan penghasilan itu penting, tapi jangan jadikan itu motivasi utama dalam membuat blog karena saya yakin Anda akan kecewa dengan hasilnya. Jadi ingat kalau tujuan kamu hanyalah uang/penghasilan lebih baik jangan membuat blog.

2. Jadilah berbeda


Coba berikan alasan kenapa orang harus membaca tulisan diblog Anda?

Kalau saya ditanya seperti itu saya akan jawab karena blog ini memberikan artikel-artikel dengan sudut pandang yang realistis dan praktikal, jadi ga sekedar omongan bullshit seperti artikel cerita-cerita anak SMA bisa sukses ngasilin omset puluhan juta dengan online shop yang sering kita lihat nongol di Line Today, saya paling muak sama cerita karangan yang ga jelas darimana asal-usulnya apalagi kalau berbau hoax dan tidak logis.

Tujuan saya simpel yaitu make internet less shity, di internet udah banyak konten-konten sampah, hoax, kontroversi, dan semacamnya, internet ga butuh lagi “another me-too article”, sudah banyak topik yang dibahas ribuan kali oleh semua blogger dan media yang ada di Indonesia, kita ga perlu menambah list daftar me-too blogger yang membahas topik/artikel yang sama.

Disaat orang-orang bikin artikel tentang peluang usaha reseller-dropship (yang isinya juga begitu-begitu doang), saya mencoba memberikan sudut pandang mengapa peluang dropship sudah tidak lagi prospektif di Indonesia, disaat blogger-blogger lain cuma bisa ngasih saran atau teori, saya mencoba memberikan lebih banyak share opini dan pengalaman yang real entah itu gagal maupun berhasil. Prinsip saya dari dulu konten yang paling punya banyak value adalah konten yang berupa opini dan pengalaman karena biasanya isinya lebih realistis dan masuk akal.

Apa yang membuat Anda berbeda?


Saya sendiri hanya tertarik membaca blog/website yang menurut saya berbeda, membahas topik-topik yang baru/belum pernah ada, dan yang paling penting memiliki karakter yang unik (personality).

Saya sebelumnya pernah bekerja diperusahaan media yang akhirnya bangkrut, dan saya selalu menemukan masalah yang sama yaitu kenapa website yang kami buat tidak ada yang baca. Jawabannya simpel karena artikel-artikel yang dibuat tidak memberikan value apapun.

Hal yang sama juga sering terjadi pada website/blog lain diluar sana yang biasanya cuma kejar kuantitas atau banyak-banyakan artikel, mereka pikir banyak artikel = banyak trafik, modalnya cuma hire penulis freelance atau content writer yang disuruh tulis 5-10 artikel sehari, bisa kebayang kan penulis yang dikejar deadline 5-10 artikel/hari bakal kaya gimana kualitas tulisannya? Sebagian besar jadinya bakal abal-abal, tulisan modal copas/spin artikel dari sumber lain, yang lebih parah kadang ga di edit sama sekali (banyak typo) jadi cuma dicopas mentah-mentah dari sumber aslinya, mau sampe taon jebot juga ga bakalan rame website yang isi artikelnya kaya begitu, jadi ga heran kita sering liat website media/blog yang artikelnya sampe ribuan tapi trafiknya nihil.

Selain itu salah satu kesalahan fatal yang sering saya lihat dari blogger-blogger pemula adalah mengcover topik yang udah dibahas ribuan blogger lainnya, contoh masih ada aja blogger baru yang buat artikel tentang “cara bikin toko online gratis” atau “peluang usaha modal kecil”, masalahnya adalah ga ada value apapun yang bisa disampaikan oleh mereka karena udah banyak orang lain yang bahas topik serupa apalagi kalau isinya juga sama-sama aja, selain itu artikel seperti ini akan susah dapat peringkat di mesin pencari karena udah terlalu ramai dan didominasi sama media/blog besar.

Saya sendiri juga melakukan kesalahan yang sama diawal, saya lihat banyak blogger buat artikel tentang cara naikin trafik, dan saya ikut-ikutan bikin artikel serupa, hasilnya nihil, padahal saya merasa konten yang saya buat jauh lebih bagus dan mereka yang ada diposisi atas (Google) isinya lebih buruk bahkan sampah, saya merasa konten saya lebih baik tapi itu tidak otomatis membuat blog ini mendapatkan posisi yang lebih baik.

Mengapa bisa?


Karena mereka yang diatas biasanya sudah mendapatkan posisi yang stabil bertahun-tahun, mereka memiliki domain authority yang lebih tinggi sehingga dapat dengan mudah mendominasi hasil pencarian walau isinya ga berkualitas-berkualitas amat, ga heran website media-media besar termasuk blogger yang trafiknya udah jutaan tinggal main kuantitas (banyakin artikel untuk keyword-keyword lain) karena lebih mudah bagi mereka untuk memenangkan persaingan yang ada.

Tentu bagi blogger-blogger kecil sangat sulit untuk bersaing dengan mereka secara langsung, maka dari itu lebih baik kita main di kualitas, buat tulisan sebaik mungkin, tulislah sesuatu yang belum pernah ditulis orang lain, contohnya saya sendiri mengcover topik seputar Mobile Legends di blog ini, saran saya adalah coba membahas topik yang masih fresh karena jauh lebih mudah bagi kita mendapatkan audience/trafik disana, kalaupun Anda mau bersaing dengan topik yang sudah lama pastikan apa yang Anda buat bisa 5-10x lebih berkualitas dari artikel lain yang sudah ada.

3. Mempertahankan audience


Mungkin sebagian dari kalian bertanya: “Mas inikan topiknya cara jadi jutawan AdSense tapi kenapa yang diomongin daritadi soal blogging dan trafik?”, intinya begini untuk menghasilkan income yang signifikan dari AdSense kita cuma perlu trafik yang banyak, begitu pula dengan model monetize apapun, karena itu saya lebih banyak bahas dari segi trafiknya, karena tanpa trafik percuma mau dipasang AdSense atau monetize apapun ga akan memberikan Anda penghasilan yang signifikan.

It’s easy to make it to the top, but it’s twice as hard to stay there.


Saya bisa katakan mendapatkan trafik ratusan ribu/bulan jauh lebih mudah daripada mempertahankan trafik tersebut pada bulan-bulan berikutnya, tidak heran banyak blogger-blogger internet marketing yang menghilang entah kemana karena trafiknya ga naik-naik bahkan terjun bebas, di internet visitor datang dan pergi begitu saja, banyak blogger yang punya potensi diluar sana namun mereka gagal karena tidak bisa mempertahankan audience yang ada.

Biasanya mereka ini tipe-tipe yang mengharapkan kontennya viral entah dengan clickbait, judul yang kontroversi/lebay, bahkan sampai menyebar hoax/kontroversi, memang ada beberapa media yang sukses menggunakan strategi ini diawal dan akhirnya bisa berubah jadi lebih baik, namun ini bukanlah pendekatan yang bagus untuk seorang blogger, dari pertama kali saya ngeblog sampai sekarang selalu saja ada orang yang ingin bermain curang dengan mengakali SEO atau sosial media, mereka selalu mencari celah membuat konten-konten dangkal dan malah lebih fokus pada hack marketing seperti mencari link untuk mendongkrak SEO, spamming, dan semacamnya.

Mungkin mereka bisa dapat trafik dengan cara ini tapi biasanya visitor ini tidak akan pernah kembali ke blog/website tersebut karena tidak ada valuenya, akhirnya cuma gali lubang tutup lubang, salah satu yang membuat blog Solusik ini bisa mendapatkan ratusan ribu pengunjung adalah karena return visitor atau visitor yang kembali lagi ke blog ini dan membaca update artikel-artikel baru serta membagikannya ke sosial media, ini hanya bisa terjadi kalau kita fokus pada kualitas konten yang ada, intinya adalah buat konten untuk dibaca manusia, bukan untuk mengakali sistem/algoritma yang ada.

Jika Anda tidak memiliki value yang membuat visitor tetap bertahan di blog Anda, maka sampai kapanpun trafik blog Anda akan terus stuck disitu-situ aja, karena itu selalu tanya pertanyaan ini dikepala Anda:

Apa yang membuat pembaca mau kembali lagi ke blog saya?


Kalau Anda tidak tahu jawabannya, sebaiknya coba baca poin nomor 1 diatas.

Saya tidak pernah mencoba mengakali sistem atau algoritma yang ada entah itu secara SEO, sosial media, dan semacamnya, ingat sifat blog adalah jangka panjang, tentu Anda tidak ingin mendapatkan resiko penalti dari Google karena bermain kotor, percayalah jika Anda tidak melakukan trik-trik black-hat dan jujur dalam menulis akan ada sebagian orang yang mungkin tidak banyak tapi mereka akan setia memfollow/mengikuti Anda karena integritas dan kepribadian Anda.

4. Jangan buang-buang waktu melakukan hal yang ga penting


Banyak hal bodoh yang sering (bahkan masih) saya lakukan dalam ngeblog seperti:

  •     Ngecek data analytic berkali-kali setiap hari
  •     Ngecek dashboard earnings setiap hari
  •     Ngecek komen berkali-kali
  •     Ngecek email dan sosmed berkali-kali
  •     Spam komen di blog orang lain
  •     Ngatur desain blog, plugin, widget, dan page-page ga penting lainnya

Masalahnya adalah itu semua ga akan mempengaruhi trafik dan penghasilan yang kamu dapat, mau dicek setiap menit juga trafik Anda ga bakal naik kalo cuma dipelototin setiap hari, so forget it, fokus sama menulis konten berkualitas dan marketing.

Promosikan blog Anda dengan baik.

Ada blogger yang cuma fokus nulis, nulis, dan nulis, sebagus apapun artikel yang Anda buat tetap tidak ada artinya kalau ga ada yang baca, bagian tersulit dari ngeblog adalah mendapatkan pembaca diawal saat website kita masih belum memiliki trafik yang stabil, bahkan saran saya diawal lebih banyaklah promosi (secara bersih) daripada membuat konten, begitu trafik/visitor mulai stabil barulah Anda bisa mulai memperbanyak kuantitas artikel dan fokus menulis, menulis, dan menulis.

Faktanya adalah setiap blogger punya “rahasia” marketing yang tidak akan mereka pernah bagikan pada siapapun (begitupun saya), mungkin mereka punya koneksi, mungkin mereka punya modal, mungkin mereka punya trik khusus, Andapun juga harus mencari trik spesial untuk blog Anda sendiri, contoh beberapa cara marketing yang pernah saya lakukan adalah:

    SMS blast (walaupun sebenarnya ini bisa dibilang spamming), saya pernah lakukan ini sekali dengan mengirim SMS ke ratusan nomor yang bahkan saya tidak kenal, sampai ada 1 orang yang marah karena merasa terganggu.
  •     Join ke Facebook Group dan sesekali posting link artikel di blog ini.
  •     Guest posting di beberapa website/blog yang sudah punya banyak audience.
  •     Submit artikel ke beberapa website social bookmark.
  •     Promosi artikel di forum-forum seperti Kaskus.
  •     Buat Facebook Page dan gunakan sedikit budget untuk ngiklan FB ads (boost post).
  •     Buat konten-konten viral yang berpotensi dibagikan (share) orang lain.
  •     Buat artikel yang SEO friendly mulai dari keyword research sampai optimasi halaman website.
  •     Buat artikel hasil interview (saya pernah menawarkan interview ke 20 sumber dan cuma 1 yang bersedia menjawab).
  •     Memperbanyak konten yang berupa sharing opini dan pengalaman (contoh seperti artikel ini).
  •     Membahas topik-topik yang masih baru atau persaingannya masih minim.

Yang tidak kalah penting adalah buat tulisan yang memang ingin dibaca orang, tidak ada gunanya Anda menulis sesuatu yang tidak dicari/dibutuhkan orang sebagus apapun isinya, saya bisa saja menulis artikel tentang “belajar bahasa gaul Zimbabwe” tapi apa gunanya kalau ga ada yang nyari konten seperti itu?

Sudah banyak tools yang bisa membantu kita mencari ide seperti Google Keyword Planner, Google Trends, sosial media, forum, dan situs Q&A, jadi mulailah menulis sesuatu yang dibutuhkan orang, kecuali kalau Anda cuma ngeblog sebagai tempat curhat atau sharing tanpa peduli sama trafik maka Anda bisa lupakan semua tips-tips diatas.

5. Konsisten


Sejatinya blog adalah perang konsistensi, mereka yang tidak konsisten akan cepat tergusur dalam dinamika internet yang serba update setiap saat, bagi saya salah satu keuntungan ngeblog di Indonesia adalah masih banyak blogger yang tidak konsisten, baru jalan sebentar udah nyerah, baru nulis 3 bulan udah keburu capek/bosan, masih sangat jarang blogger yang bisa bertahan sampai bertahun-tahun, kebanyakan dari mereka cuma hype diawal (biasanya karena cuma nyari duit atau popularitas) dan ga akan bertahan sampai 1 tahun.

Saya sudah 2 tahun ngeblog dan masih terus menulis sampai sekarang, saya tahu diluar sana banyak blogger yang mungkin sudah 5 tahun bahkan 10 tahun ngeblog dan mereka sudah tidak aktif lagi menulis, bagi saya itu adalah kesempatan karena disaat orang lain berhenti justru saya malah makin semangat untuk mengembangkan blog ini dan mengalahkan mereka, bagi saya persaingan itu bagus dan harus tetap ada untuk membuat kita terus termotivasi menjadi lebih baik.

Saran saya adalah sabar dan teruslah belajar, mengembangkan blog bukanlah pekerjaan dalam semalam, bahkan mungkin ilmu-ilmu yang kita pelajari sekarang sudah tidak akan relevan lagi dalam beberapa tahun mendatang, karena itu kita harus terus beradaptasi, satu-satunya jalan untuk bisa sukses dalam membuat blog adalah dengan terus beradaptasi sesuai keadaan dan konsisten.

Saya sendiri tidak tahu bagaimana nasib perkembangan blog ini beberapa tahun mendatang, mungkin saya masih akan terus menulis, mungkin saya akan stop dan mengerjakan sesuatu yang lain, selama 2 tahun perjalanan membuat blog saya sudah melihat banyak sekali blogger yang berhenti ditengah jalan, sebagian dari mereka mungkin sudah memiliki kegiatan lain, sebagian dari mereka mungkin menyerah karena stuck, bahkan blog-blog yang dulunya tempat saya belajarpun banyak yang sudah tidak aktif, namun pada akhirnya hanya mereka yang konsisten bertahun-tahun yang bisa sukses dan menghasilkan banyak uang melalui blognya.

Apakah Anda sanggup konsisten selama bertahun-tahun?


Karena itulah saya menyarankan Anda tidak menggantungkan sepenuhnya penghasilan dari blog, saya sendiri ngeblog sambil bekerja diperusahaan, dibutuhkan setidaknya 2-3 tahun untuk bisa mendapat income yang lumayan dari blog (menurut saya), itupun kalau ngeblognya bener.

Banyak blogger yang nanya kesaya kenapa trafiknya cuma ratusan per hari padahal udah ngeblog 1-2 tahun, setelah saya cek blognya ternyata artikelnya ga ada isinya, kelihatan jelas mana artikel yang dibikin pake niat sama artikel yang cuma dibikin karena mau dapat trafik, mereka cuma bikin artikel basic-basic tutorial yang isinya begitu-begitu doang dan ngarep blognya bisa rame, intinya begini kalau kita ga bisa memberikan value/manfaat yang baru kepada visitor lebih baik jangan bikin artikel tersebut.

Itulah tips yang bisa saya berikan berdasarkan pengalaman pribadi dalam mengembangkan blog Solusik ini, ingat blog adalah investasi jangka panjang, kalau kamu cuma mau cepet kaya dan hasil instan mending join MLM aja, bisa dapat motivasi super dan kapal pesiar, atau main AOV supaya dapet 7 M, daripada capek-capek nulis diblog bertahun-tahun ga ada hasilnya.

Kesimpulannya adalah blog itu ga cocok buat orang yang yang tujuannya cuma nyari duit dan ga bisa konsisten dalam jangka panjang, jadi kalau Anda mau menjadi jutawan AdSense atau menghasilkan jutaan dari blog kuncinya adalah sabar, konsisten, dan mau terus belajar.Sumber Disini