Apa Perbedaan UMR, UMP dan UMK?

Ceritanya UMR sudah dihapuskan. Itu mungkin artinya di setiap kabupaten dan provinsi Upah minimum itu beda-beda, ya g?. Karena UMR telah dihapuskan maka perbedaan antara UMP dan UMK adalah terletak pada yang menetapkan dan jumlahnya.

Daftar Artikel tentang Upah Minimum


Beda antara UMP dan UMK pada yang menetapkan. UMP ditetapkan oleh gubernur, sementara UMK juga ditetapkan oleh gubernur namun atas rekomendasi Dewan Pengupahan Provinsi dan rekomendasi bupati atau wali kota.

Bedanya lagi antara UMP dan UMK adalah pada pengumumannya yang dilakukan secara serentak oleh masing-masing gubernur pada setiap tanggal 1 November. Sementara UMK ditetapkan dan diumumkan oleh gubernur selambat-lambatnya tanggal 21 November setelah penetapan UMP.

Nilai UMK juga lebih besar dari UMP. Makanya upah di beberapa kota di Indonesia lebih tinggi dibandingkan upah di ibu kota. Bedanya lagi, upah yang diberikan pada UMP lebih rendah dibandingkan dengan UMK.

Jadi jangan heran jika ternyata, penghasilan buruh di ibu kota Jakarta lebih rendah dibandingkan upah buruh di Karawang dan Bekasi. Tapi, apa beda pula harga kebutuhan pokok, cari ulasan lain di media ini.

Daftar UMK, UMP Di Seluruh Indonesia


Daftar UMP, UMK Terbaru