CARI DI BLOG INI

17.7.11

Pengertian Makalah, Contoh dan Jenis-jenis Makalah

Pengertian makalah adalah karya tulis ilmiah yang mengulas pokok kasus tertentu yang tercakup didalam ruang lingkup tertentu. Makalah termasuk dapat diambil kesimpulan sebagai karya akademis yang umumnya diterbitkan atau dipublikasikan terhadap jurnal yang bersifat ilmiah.

Makalah memiliki sebuah karya tulis yang berisi anggapan tentang suatu kasus topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan disertai anggapan yang logis dan objektif. Surakhmad menyebutkan makalah adalah segala type tugas pelajar yang harus diselesaikan secara tertulis baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang suatu pokok permasalahan.

Dalam membedakan jenis makalah setidaknya ada tiga jenis yang dapat membedakan berdasarkan bagaiman cara pengerjaan dan penggunaan tata bahasa yang digunakan:

  •     Makalah Dedukatif

Pengertian Makalah dedukatif merupakan, dimana pembahasan isi laporan makalah berdasarkan dengan data primer, seperti hasil rapat, survei atau data lapangan yang benar-benar real. Dalam penggunaan jenis makalah dedukatif sering digunakan oleh mahasiswa yang sedang duduk di bangku universitas.

  •     Makalah Indukatif

Dalam menyajikan makalah indukatif, laporan makalah berdasarkan data sekunder, seperti buku, tesis atau kajian teoritis lain, dalam pembuatan contoh makalah induktif biasa dilakukan oleh murid sekolah dasar.

  •     Makalah Campuran

Sesuai dengan namanya, bahwa makalah campuran dibuat berdasarkan dengan data gabungan antara sekunder dan primer . Pengabungan antara data dilakukan dengan bertujuan supaya menemukan hasil dari laporan yang valid, jenis makalah campuran lebih sering dilakukan di jenjang perguruan tinggi.

Ada beberapa poin dan unsur dalam struktur makalah yang harus terpenuhi untuk membuat makalah yang baik dan benar, beberapa diantaranya yang harus dan wajib dalam makalah ada delapan poin, sebagai berikut ini poin-poin yang akan saya susun pada contoh makalah beberapa diantaranya.

    Cover (Sampul Depan)
    Kata Pengantar
    Daftar Isi
    Bab I Pendahuluan
    Bab II Pembahasan
    Bab III Penutup
    Daftar Pustaka
    Lampiran

Sebenarnya masih ada, beberapa macam variasi dalam membuatan kerangka susunan makalah seperti motto, lampiran, lembar persembahan dan lain-lain. Namun pada dasarnya pembuatan format makalah harus ada 8 poin seperti diatas, yang selalu ada pada sebuah kerangka makalah.

Nah untuk pembahasan selanjutnya akan saya terangkan, yang berkaitan dengan contoh susunan makalah, tetapi sebelum itu harus kalian tahu terlebih dahulu yang berkaitan dengan format kertas dan sampul makalah, tidak boleh asal menggunakan kertas sembarangan dalam menjilid makalah, berikut ini kertas yang digunakan dalam membuat makalah:

    Kertas A4 (digunakan sebagai isi tulisan dari dalam cover makalah)
    Sampul Makalah menggunakan Kertas Buffalo Warna
    Font : Times New Roman
    Size : 12
    Spasi :1,5
    Margin
    – Atas      : 4 cm
    – Bawah  : 3 cm
    – Kiri       : 4 cm
    – Kanan  : 3 cm

Dalam penulisan isi makalah yang benar, harus ditulis minimal 10 halaman dan itu belum termasuk dari  judul makalah, daftar isi makalah, lampiran makalah dan daftar pustaka Makalah, anda bisa membuat pembahasan makalah dengan penjabaran yang jelas sehingga ketika seseorang membaca contoh makalah anda dapat memahami dengan jelas, tanpa ada rasa penasaran.

Dalam membuat contoh susunan makalah, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu bagian penting, yang berkaitan langsung dengan susunan pada format makalah, sehingga kalian akan bisa membuat makalah yang baik dan benar.

Kemudian tahapan apa saja yang perlu untuk persiapkan dalam menyusun sebuah contoh makalah, nah, berikut ini, beberapa bagian penting dalam menentukan sebuah makalah. yang sudah saya urutkan bedasarkan urutkannya, setidaknya kamu nanti dapat mengetahui isi makalah keseluruhan dan bagian makalah yang harus kita buat.

Silahkan anda tentukan judul makalahnya misalnya dengan cara berpedoman pada tugas sekolah atau kuliah. Sesuaikan dengan mata pelajaran atau mata kuliah yang sedang anda tempuh, atau tidak menutup kemungkinan juga makalah ini anda kerjakan untuk kebutuhan lainnya.

Halaman sampul depan makalah sama bersama dengan skripsi dan karya ilmiah lainnya. Setidaknya ada empat unsur yang dicantumkan di halaman depan:

    Judul makalah
    Logo universitas, sekolah atau institusi
    Nama penulis makalah
    Fakultas, jurusan, kelas atau divisi kerja beserta tahun kerja

Berikut ini contoh cover makalah, yang bisa kalian jadikan sebagai bahan refrensi dalam membuat cover pada makalah, karena faktor yang paling menonjol, dalam sebuah contoh makalah ada pada cover, jika cover makalah baik dan benar, maka sudah terlihat secara langsung bahwa isi makalah pasti juga akan terlihat baik pula, dan begitu pula sebaliknya juga sama, maka dari itu kalian juga harus memperhatikan cover makalah yang akan kalian buat, berikut ini contoh cover makalah yang bisa kalian gunakan sebagai ide bahan makalah.

No comments:

Post a Comment