19.12.15

Sunnah Rasul, Tidur sebelum Berwhuduq

Diriwayatkan dari Al-Barra’ bin Azib Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

“Jika kamu hendak tidur, maka berwudhulah seperti hendak shalat, kemudian tidurlah dengan posisi miring ke kanan dan bacalah, ‘Ya Allah, Aku pasrahkan jiwa ragaku kepada-Mu, aku serahkan semua urusanku kepada-Mu, aku lindungkan punggungku kepada-Mu, karena cinta sekaligus takut kepada-Mu, tiada tempat berlindung mencari keselamatan dari (murka)-Mu kecuali kepada-Mu, aku beriman dengan kitab yang Engkau turunkan dan dengan nabi yang Engkau utus’. Jika engkau meninggal, maka engkau meninggal dalam keadaan fitrah. Dan usahakanlah doa ini sebagai akhir perkataanmu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kalau kita membiasakan sunnah yang satu ini, tentu tidur akan menjadi lebih nyaman. Selain kita tidur dalam keadaan suci, semua hal yang ada sudah kita pasrahkan kepada Allah.

Bara’ bin Azib RA menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” [HR. Bukhari dan Muslim]

“Sesungguhnya aku tidak menyukai berdzikir kepada Allah kecuali dalam keadaan suci.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i dari sahabat Ibnu Umar dan dishahihkan Asy Syaikh Al Albani).

“Apabila seorang dari kalian berwudhu’, lalu ia menyempurnakan wudhu’nya, kemudian ia pergi ke masjid karena semata-mata hanya untuk melakukan shalat, maka tidaklah ia melangkahkan kaki kirinya melainkan terhapus kejelekan darinya dan dituliskan kebaikan bersama langkah kaki kanannya hingga masuk masjid.” (HR. Ath Thabrani dalam Al Mu’jam Al Kabir dari shahabat Ibnu Umar dan dishahihkan Asy Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Jami’ no. 454)

“Apabila seorang dari kalian berwudhu’, lalu ia menyempurnakan wudhu’nya, kemudian ia pergi ke masjid karena semata-mata hanya untuk melakukan shalat, maka tidaklah ia melangkahkan kaki kirinya melainkan terhapus kejelekan darinya dan dituliskan kebaikan bersama langkah kaki kanannya hingga masuk masjid.” (HR. Ath Thabrani dalam Al Mu’jam Al Kabir dari shahabat Ibnu Umar dan dishahihkan Asy Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Jami’ no. 454)

Didoakan Oleh Malaikat


Melakukan wudhu sebelum wudhu akan memberikan keutamaan berupa doa yang dipanjatkan malaikat yang mengikutinya sehingga segala dosa yang dilakukan orang yang sudah berwudhu di malam hari akan diampuni.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. [HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.]

Mati Dalam Keadaan Syahid di Sisi Allah


Seseorang yang sudah berwudhu sebelum ia pergi tidur dan disaat tidur ia meninggal atau mati, maka ia akan mati dalam keadaan syahid di sisi Allah. Hal yang dimaksud dalam hal ini adalah seseorang yang sudah melakukan wudhu pada malam sebelum tidur maka akan mendapatkan posisi tinggi di sisi Allah.

Merileksasi Otot


Berwudhu sebelum tidur juga berguna untuk merileksasikan otot sebelum akhirnya beristirahat. Hal ini juga dibuktikan pada ilmu kedokteran jika percikan air dalam wudhu yang dilakukan umat muslim adalah cara untuk mengendurkan otot kaku karena lelah beraktifitas sehari penuh sehingga wudhu sebelum tidur bisa dikategorikan sebagai cara hidup sehat menurut Islam.

Bersih Dari Noda Dosa


Setiap kali selesai melakukan wudhu, maka ini juga mengartikan orang tersebut juga sudah bersih dari  noda noda dosa yang sudah diperbuat namun pastikan juga anda melakukan cara berwudhu yang benar sehingga bisa memperoleh banyak manfaat dari berwudhu tersebut.

“Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu’ kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu’ atau bersama tetesan akhir air wudhu’, hingga ia selesai dari wudhu’nya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa.” (HR Muslim no. 244).

Anggota Wudhu Bercahaya Saat Kiamat


Saat hari kiamat nanti, seseorang yang rajin berwudhu seperti wudhu saat malam hari sebelum tidur maka seperti salah satu amalan sebelum tidur menurut Rasulullah ini akan dibedakan dengan umat yang lainnya sebab cahaya akan tampak dari anggota tubuhnya tersebut.

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu’.” (HR. Al Bukhari no. 136 dan Muslim no. 246)

“Tahukah kalian bila seseorang memilki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya diantara kuda-kuda yang yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya? Para shahabat menjawab: “Tentu wahai Rasulullah.” Rasulullah berkata: “Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu’ mereka.” (HR. Mslim no. 249)

Mengangkat Derajat Disisi Allah


Seseorang yang sudah mendapatkan derajat tinggi di hadapan sesama manusia bukan menjadi jaminan juga akan memiliki derajat yang tinggi di sisi Allah Allah subhanahu wata’ala. Dengan melakukan wudhu seperti sebelum tidur yang juga merupakan cara tidur Rasulullah, maka akan disempurnakan yakni diangkat derajat yang tinggi disisi Allah Allah subhanahu wata’ala.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya! Para shahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.” [HR. Muslim no. 251]


Dikabulkan Permintaannya


Seseorang yang melakukan wudhu sebelum tidur dan juga berdizikir, maka saat bangun tidur di pagi hari dan memanjatkan permintaan, maka permintaan tersebut akan dikabulkan Allah SWT.

“Rasulullah telah menjelaskan dalam sabda beliau yang diriwayatkan dari sahabat Al Barra’ bin ‘Azib, bahwasanya beliau berkata:

“Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhu’lah sebagaimana wudhu’mu untuk shalat.” [HR. Al Bukhari no. 6311 dan Muslim no. 2710]

Dalam riwayat shahabat Mu’adz bin Jabal juga dijelaskan jika, “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tidaklah seorang muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berdzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya.” [Fathul Bari juz 11/124]


Bersama Dengan Malaikat Sampai Terbangun


Seseorang yang melakukan wudhu sebelum tidur juga akan terus bersama dengan malaikat sampai terbangun nantinya di pahi hari dan malaikat juga akan mendoakan dan memohon ampunan untuk orang yang sudah bersuci sebelum tidur tersebut.



Mencerahkan Kulit Wajah


Wudhu juga dapat mencerahkan kulit wajah sebab akan menghilangkan kotoran yang melekat pada wajah sehingga wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah saat bangun pagi.


Mendekatkan Diri Pada Allah


Berwudhu juga menjadi salah satu bentuk ibadah yang tinggi sebab dengan berwudhu maka kita juga menjaga diri agar senantiasa bersih. Allah SWT sangat menyukai dan menyayangi kebersihan sehingga seseorang yang melakukan wudhu seperti wudhu sebelum tidur juga bisa digunakan sebagai cara mendekatkan diri pada Allah SWT.



Disunnahkan Nabi


Sahabat Nabi yakni al Bara’ bin Azib RA pernah mengatakan jika Rasulullah SAW bersabda pada dirinya, “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukahri dan Muslim).



Mengatasi Insomnia


Insomnia merupakan kondisi seseorang yang mengalami kesulitan untuk tidur dan tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa namun juga menimpa seseorang di usia remaja. Dengan berkurangnya waktu tidur, maka beberapa organ di dalam tubuh akan mengalami gangguan. Melakukan wudhu sebelum tidur bisa menjadi cara terbaik untuk bersuci dan juga membantu seseorang lebih cepat untuk tidur.


Menstabilkan Detak Jantung


Saat berwudhu yang menjadi cara hidup sehat menurut Islam, ini berarti kita membasahi hampir seluruh bagian dari tubuh dengan air dan ini bisa menstabilkan detak jantung dalam keadaan normal. Masalah ini juga sudah diteliti oleh seorang dokter bernama Ahmad Syauqy seorang ahli dalam bidang penyakit dalam dan juga ahli penyakit di London.



Menstimulasi Syaraf Pusat


Seorang professor bernama Leopold Warner Von Ehrenfels yang merupakan seorang psikiater dan juga ahli dalam bidang neurology dari Austria juga menyatakan jika di saat seseorang sedang berwudhu dengan membasahi dahi, tangan dan juga kaki, maka hal tersebut secara tidak langsung juga akan membangunkan dna menstimulus syaraf pusat dan menjadi cara menenangkan hati dalam Islam.




Mencegah Penyakit Hidung


Pada saat beristisnaq yakni menghirup air dari dalam hidung disaat sedang berwudhu sangat baik untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit atau masalah pada hidung.



Mencerahkan Kulit


Wudhu yang dilakukan sebelum tidur juga akan mencerahkan kulit wajah dan menjadi cara mempercantik diri menurut Islam karena cara kerja wudhu yang bisa menghilangkan noda membandel di area kulit wajah. Kotoran kotoran tersebut akan hilang dan bisa tidur dalam keadaan bersih sehingga bisa bangun pagi dengan muka yang cerah dan segar.



Tenang dan Nyaman Saat Tidur


Melakukan wudhu sebelum tidur juga akan memberikan perasaan yang tenang dan lebih rileks khususnya jika dilakukan juga membaca doa sebelum tidur dan juga melakukan zikir sebelum tidur sehingga membuat tidur semakin lebih lelap dan tenang.

Wudhu tidak hanya menjadi suatu hal yang wajib dilakukan umat muslim ketika ingin sholat atau beribadah saja, namun ada banyak keutamaan menjaga wudhu dan juga kandungan manfaat yang terkandung di dalam wudhu dan bisa dirasakan oleh pelakunya sehingga berwudhu haruslah dijadikan kebiasaan sebagai salah satu cara kita beribadah pada Allah SWT.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Daftar Upah Minimum Regional (UMR) Upah Minimum Provinsi (UMK) Upah Minimum Kabupaten (UMK) Terbaru

Upah Minimum Regional (UMR) Terbaru - Upah minimum provinsi yang kemudian dikenal dengan istilah UMP atau UMR adalah daftar atau standar up...

Popular Posts