Post Top Ad

CARI DI BLOG INI

3.10.17

Peristiwa dan Sejarah tangal 15 Agustus - 31 Agustus

15 Agustus


Tentara India Mulai Melawan Koloni Inggris

15 Agustus tahun 1857, dimulailah sebuah perlawanan melawan penjajahan Inggris yang dimulai oleh tentara India. Para tentara India yang berada di bawah komandan Inggris ini dengan segera berhasil menguasai Delhi, ibu kota India,
dan mengalahkan tentara Inggris. Rakyat kemudian bergabung dengan tentara India dan beberapa kota yang berada di bawah pendudukan Inggris berhasil dibebaskan.

Namun, kemudian terjadi pertentangan pendapat mengenai kepemimpinan dan hal-hal lainnya di antara para pejuang India tersebut. Hal ini membuka jalan bagi Inggris untuk melakukan serangan balasan dan membunuh massal rakyat sipil. Satu tahun setelah perlawanan besar rakyat India ini, Inggris secara resmi menjadikan India sebagai koloni sehingga dengan mudah bisa melakukan represi terhadap rakyat dan menguras kekayaan India.

India Merdeka

15 Agustus tahun 1825, rakyat India setelah bertahun-tahun berjuang melawan penjajahan Inggris, berhasil meraih kemerdekaannya. Tanah air India memiliki sejarah yang panjang dan peradaban yang maju, serta berbagai dinasti dari dalam dan luar India pernah menjadi penguasa di negeri itu. Pada abad ke-8, Islam menyebar di sebagian kawasan India dan sebagian wilayah India berada di tangan kaum muslimin. Sejak abad ke-16, dimulailah penjajahan Inggris terhadap negeri ini.

Rakyat India berkali-kali melakukan perlawanan melawan Inggris, namun selalu gagal. Sejak tahun 1895, dengan didirikannya partai Kongres Nasional India, perjuangan rakyat India menajdi lebih terorganisasi dan semakin kuat. Apalagi, setelah Mahatma Gandi bergabung dengan partai ini dan memimpin kebangkitan “perlawanan negatif”, perlawanan rakyat India semakin besar sampai akhirnya di tahun 1948 Inggris terpaksa melepaskan wilayah jajahannya yang terluas dan terpenting itu. Setahun kemudian, Gandhi dibunuh. Pada tahun 1950, pemerintahan republik terbentuk di India.

India memiliki luas wilayah sekitar 3 juta 287 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Pakistan, Cina, Nepal, Bangladesh, Butan, dan Myanmar.

Korea Selatan Terbentuk

15 Agustus tahun 1948, negara Korea Selatan terbentuk. Semenanjung Korea pada pertengahan awal abad ke-20 diduduki oleh negara-negara kuat dunia. Pada tahun 1905, semenanjung Korea diduduki oleh Jepang. Namun, dengan kalahnya Jepang dalam Perang Dunia Pertama, Soviet menduduki bagian utara semenanjung Korea dan Amerika menduduki bagian selatannya. Pengaruh Soviet akhirnya menyebabkan terbentuknya pemerintahan komunis di Korut dan pengaruh AS menyebabkan berdirinya Republik Korsel yang berorientasi Barat.

Korsel terletak di tepi Samudera Teduh, berbatasan dengan Korea Utara, dan memiliki luas wilayah 98 ribu kilometer persegi.

Kongo Merdeka

15 Agustus tahun 1960, negara Kongo, yang terkenal dengan nama Kongo Brazzaville, berhasil meraih kemerdekaannya dari Perancis. Di masa lalu, Kongo dan Angola termasuk bagian dari wilayah Republik Demokratik Kongo yang sebelumnya bernama Zaire. Wilayah ini ditemukan oleh Portugis pada abad ke-15 namun kemudian dijajah dalam waktu yang sangat lama oleh Perancis.

Kongo memiliki luas wilayah 342 ribu kilometer persegi, terletak di sebelah barat benua Afrika dan di tepi Laut Atlantik, serta berbatasan dengan Afrika Tengah, Kamerun, Gabon, Republik Demokratik Kongo, dan Angola.

Saddam Terima Lagi Perjanjian Perbatasan Irak- Iran

15 Agustus tahun 1990, Presiden Irak saat itu, mengirimkan surat kepada Presiden Iran, Hashemi Rafsanjani, yang berisi kesediannya untuk menerima isi perjanjian perbatasan tahun 1975 yang ditandatangani di Aljazair. Sebelumnya, pada tahun 1960, di depan kamera televisi, suart perjanjian perbatasan ini dirobek-robek Saddaam Husain dan beberapa hari kemudian, tentara Irak melakukan invasi ke Iran.

Saddam Husain dan para pendukungnya memperkirakan bahwa dalam waktu singkat Iran berhasil mereka kuasai, namun, perlawanan rakyat Irak sangat kuat sehingga terjadi perang selama delapan tahun. Setelah mengalami kekalahan yang berkepanjangan,
Irak terusir dari wilayah Iran. Dua tahun setelah berakhirnya perang yang dipaksakan itu, sementara Irak menduduki Kuwait, Saddam Husain menyatakan menerima isi perajnjian perbatasan 1975 tersebut.

Abul Qasim Syatibi Wafat

28 Jumadits-Tsani tahun 590 Hijriah, Abul Qasim Syatibi ulama dan pembaca Al-Quranul Karim asal Mesir, meninggal dunia. Meskipun buta, Syatibi yang termasyhur dengan nama Imamul Qura’ selain menguasai ilmu pembacaan Al-Quran, juga menguasai ilmu tajwid, nahwu, tafsir Quran, hadis, bahasa, dan ilmu-ilmu agama lainnya. Dia juga sangat banyak menghapal hadis. Abul Qasim Syatibi banyak meninggalkan karya di antaranya “Qasidah Syatibiah” yang berisi berbagai masalah tajwid dan telah dicetak berkali-kali di Mesir dan India.

Mirza Muhammad bin Sulaiman Tankabani Wafat

28 Jumadits-Tsani tahun 1302 Hijriah, Mirza Muhammad bin Sulaiman Tankabani, ulama dan sastrawan Iran meninggal dunia. Selain ahli dalam fiqih, dia juga sastrawaan yang berilmu dan penyair yang berbakat pada zamannya. Di antara karya-karya yang ditinggalkan Tankabani adalah “Qishahul Ulama” yang berisi penjelasan mengenai keadaan dan karya-karya sebagian ulama pada masa lampau. Karya Tankabani lainnya adalah “Al-Fawaid fi Ushulid-Din” yang berisi penjelasan mengenai prinsip agama dalam bentuk bait-bait

16 AGUSTUS


Louis Agasis Lahir

16 Agustus tahun 1807, Louis Agasis, seorang arkeolog Swiss, terlahir ke dunia. Dia banyak melakukan pnelitian dan penelahaan mengenai fosil-fosil dan pengaruh pembekuan di dalam planet bumi. Penelitiannya memberikan peran yang sangat banyak dalam penemuan para arkeolog penerusnya. Agasis meninggal tahun 1873.

Cyprus Merdeka

16 Agustus tahun 1960, kepulauan Cyprus setelah bertahun-tahun dilanda kerusuhan, akhirnya mencapai kemerdekaannya. Sampai tahun 1878, Cyprus dikuasai oleh imperium Utsmani dan pada tahun itu pula, dalam kongres Berlin, imperium Utsmani menyerahkan Cyprus kepada Inggris. Pada tahun 1925, Cyprus resmi menjadi koloni Inggris. Sejak saat itu, orang-orang Yunani di Cyprus yang merupakan 75 persen dari populasi kepulauan ini, menuntut agar Cyprus bergabung dengan Yunani. Akibatnya, situasi politik di Cyprus menjadi kacau dan akhirnya terbentuklah dewan legislatif di sana.

Di pihak lain, pernyataan Turki yang akan melindungi hak-hak orang Turki di kepulauan itu, semakin memanaskan situasi.
Akhirnya, masalah Cyprus oleh uskup Makarius dibawa ke PBB dan negara ini kemudian meraih kemerdekaannya pada tahun 1960. Pemerintahan Cyprus berbentuk republik dan uskup Makarius menjadi presiden pertama negara ini.

Namun, kemerdekaan ini ternyata tidak membawa ketenangan di negeri ini. Pada tahun 1974, Turki menyerang Cyprus dan menduduki wilayah utara negara ini. Kini, secara praktis, Cyprus terbagi dua bagian, yaitu daerah pendudukan Turki di utara dan daerah pendudukan Yunani di Selatan.

Cyprus terletak di tepi Laut Mediterania, di sebelah selatan Turki dan memiliki luas wilayah 9251 kilometer persegi.

17 AGUSTUS


Indonesia Merdeka

17 Agustus tahun 1945, rakyat Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Namun, karena Belanda tidak mengaku proklamasi ini, terjadilah perang kemerdekaan selama empat tahun. Pada tahun 1947, Belanda melakukan agresi militer pertama dan berhasil kembali menduduki sebagian wilayah Indonesia. Pada bulan Januari tahun 1948, ditandatangani perjanjian gencatan senjata bernama “penjanjian Renville”. Namun, bulan Desember tahun itu pula, kembali Belanda melakukan agresi kedua. Kemudian, atas tekanan PBB, di tahun 1949 Belanda bersedia menghentikan agresinya dan menyerahkan kedaulatan kepada bangsa Indonesia.

Gabon Merdeka

17 Agustus tahun 1960, Gabon, sebuah negara di bagian barat Afrika, meraih kemerdekaannya. Awalnya, Gabon dijajah oleh Portugis pada akhir abad ke-15. Pada pertengahan abad ke-19, Perancis memasuki wilayah ini. Pada kongres Berlin, Gabon resmi berada di bawah kekuasaan Perancis sampai akhirnya Gabon meraih kemerdekaannya.

Gabon memiliki luas wilayah 267 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Afrika Tengah, Kongo, Kamerun, dan Ghana.

Rudolph Hess,Bunuh Diri

17 Agustus tahun 1987, Rudolph Hess, mantan sekretaris Hitler, bunuh diri di dalam sel penjaranya di Inggris. Hess lahir pada tahun 1894. Pada tahun 1920, dia menjadi anggota partai Nazi dan kenal dekat dengan Hitler, bahkan kemudian diangkat menjadi sekretaris pribadinya. Setelah Partai Nazi meraih kekuasaannya pada tahun 1933, Hess diangkat sebagai deputi pemimpin partai. Dia pun kemudian mengontrol hampir semua bidang di Jerman, termasuk legislatif, yudikatif, dan administrasi negara. Setelah kekalahan Jerman dalam Perang Dunia Kedua, Hess diadili di Pengadilan Penjahat Perang dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Pemulangan Pertama Tawanan Iran

17 Agustus tahun 1990, sekelompok pasukan Iran yang selama ini ditawan oleh Rezim Saddam, untuk pertama kalinya menginjakkan kaki kembali di tanah air mereka. Pertukaran tawanan antara Iran dan Irak ini merupakan realisasi dari resolusi Dewan keamanan PBB nomor 598 mengenai perdamaian kedua negara. Saddam Husain yang saat itu berada dalam tekanan internasional karena agresinya ke Kuwait, setelah menerima perjanjian perbatasan Aljazair tahun 1975, juga bersedia membebaskan tawanan dan mundur total ke wilayah internasional.

Selama perang Iran-Irak dan setelahnya, para tawanan Iran berada dalam penjara yang kondisinya amat mengenaskan. Sebaliknya, para tawanan Irak di Iran diperlakukan sesuai nilai-nilai Islami. Akibatnya, 7000 tawanan Irak di bawah pengawasan Palang Merah Internasional, tidak mau kembali ke Irak dan meminta suaka dari pemerintah Iran. Hari pertama dibebaskannya tawanan Iran ini diperingati setiap tahun dengan nama Hari Pembebasan.

18 AGUSTUS


Perang Ajnadin

18 Agustus tahun 653, terjadilah perang Ajnadin antara kaum muslimin dan orang-orang Romawi. Perang yang berlangsung di kawasan Ajnadin Palestina ini, dimenangkan oleh kaum muslimin, meskipun jumlah pasukan Romawi beberapa kali lipat dari pasukan muslim. Pasukan Romawi setelah mengalami kekalahan besar, mundur sampai ke Damaskus, sehingga kawasan jajahannya yang sangat luas terpaksa dilepaskan.

Kamalul Mulk Wafat

18 Agustus tahun 1940, Muhammad Ghafari yang terkenal dengan nama Kamalul Mulk, pelukis terkemuka Iran, meninggal dunia di kota Naishapur di timur laut Iran. Dia belajar di sekolah seni “Darul-Funun” di Teheran dan mencapai kesuksesan besar di bidang seni lukis. Kamalul Mulk selama beberapa waktu bekerja pada Syah Nasirudin Qajar dan menghasilkan sekitar 170 karya lukis yang sangat indah dan bernilai tinggi.

Kemudian, untuk menambah penegetahuannya di bidang seni lukis, Kamalul Mulk melakukan perjalanan ke Eropa. Sepulang dari Eropa, dia mengajar seni lukis kepada para seniman Iran. Setelah Reza Khan mencapai kekuasaannya, Kamalul Mulk diasingkan ke Naishapur karena menolak melukis Syah Reza dan anaknya. Kamalul Mulk tinggal di Naishapur hingga meninggal dunia. Dia dikuburkan di pekuburan Athar Naishapuri. Karya-karyanya yang terkenal, antara lain, “Padang Karbala”, “Pemburu”, dan “Taman dan Kolam Surga”.

Gencatan Sejata Iran-Irak

18 Agustus tahun 1988, diumumkan gencatan sejata antara Iran dan Iran oleh PBB setelah delapan tahun berlangsung perang yang dipaksakan. Gencatan senjata ini merupakan salah satu poin dari resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 598.

Setelah revolusi Islam menang di Iran, kekuatan-kekuatan besar dunia merasa bahwa kepentingannya di Iran terancam. Mereka juga mengkhawatirkan terjadinya kebangkitan rakyat di kawasan Timur Tengah. Oleh karena itu, mereka melakukan berbagai upaya untuk menggulingkan pemerintahan Islam Iran. Akhirnya, Saddam Husain didorong maju oleh Barat, terutama AS, untuk menyerang Iran.

Pada tahun 1980, Irak memulai serangannya terhdap Iran. PBB kemudian mengeluarkan resolusi agar kedua pihak melakukan gencatan senjata. Namun, dalam resolusi itu tidak disebutkan sama sekali kecaman atas agresi Irak dan tuntutan agar pasukan Irak mundur sesegera mungkin dari wilayah Iran. Setelah akhirnya pasukan Iran dengan penuh keimanan dan kekuatan memukul mundur Irak, PBB terpaksa mengeluarkan resolusi nomor 598 tersebut dan gencatan senjata kedua negara resmi dimumkan.

Bulan Suci Rajab

Hari ini merupakan hari pertama bulan Rajab, sebuah bulan yang dipenuhi oleh rahmat dan kemuliaan. Bulan Rajab dan dua bulan berikutnya, yaitu Sya’ban dan Ramadan adalah periode pembangunan jiwa agar mencapai kesempurnaan dan mendekati Tuhan. Rasulullah SAWW mengenai bulan Rajab ini pernah bersabda, “Bulan Rajab adalah bulan Allah yang besar dan bulan kemuliaan. Di dalam bulan ini perang dengan orang kafir diharamkan. Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadan adalah bulan umatku.”

Berpuasa di bulan Rajab sangatlah berpahala. Banyak riwayat yang menyebutkan besarnya pahala dan ampunan Tuhan pada bulan ini. Pada tanggal 27 Rajab, sebuah peristiwa besar terjadi, yaitu diangkatnya Muhammad SAWW sebagai Rasul Allah SWT. Selain itu, pada tanggal 13 Rajab, amirul mukminin, Ali bin Abi Thalib a.s. terlahir ke dunia.

Imam Muhammad Baqir a.s Lahir

1 Rajab 57 Hijriah, Imam Muhammad Baqir a.s., keturunan Nabi Muhammad generasi kelima, terlahir ke dunia. Beliau dijuluki dengan nama Baqir yang bermakna “pemecah ilmu” karena beliau berhasil memecahkan dan menyelesaikan masalah serta kerumitan dalam berbagai bidang ilmu pada masa itu selesaikan degan penuh ketelitian dan kemampuan yang tinggi. Periode keimaman beliau, yaitu tahun 96 Hijriah, bertepatan dengan akhir masa kekuasaan dinasti Umawiyah dan melemahnya kekuatan dinasti ini. Kesempatan ini digunakan oleh Imam Baqir untuk memperkuat pemikiran dan kebudayaan Islam. Pada masa keimaman beliau dan putranya, Imam Ja’far Shadiq, banyak bidang keilmuan yang mencapai kegemilangannya dan murid kedua imam ini pun mengembangkan sebagian ilmu-ilmu tersebut dan menemukan cabang-cabang ilmu yang baru.

Di samping mengembangkan ilmu pengetahuan, Imam Baqir juga mengajarkan akhlak. Beliau amat menekankan sikap kebaikan, kedermawanan, dan kesediaan untuk mengunjungi orang sakit. Beliau bukan hanya mengajarkan akhlak, tetapi memberi teladan dengan amat sempurna mengenai akhlak Islami. Beliau pernah bersabda, “Siapa saja yang memiliki akhlak baik, sifat bersahabat, dan moderat, akan mendapatkan kebaikan di dunia dan akhrat. Sebaliknya, mereka yang memiliki akhlak buruk, langkahnya akan membawanya ke arah keburukan.”

Rasyidudin Shuwari Wafat

Tanggal 1 Rajab 639 Hijriah, Rasyidudin Shuwari, ahli flora dan tabib terkemuka muslim, meninggal dunia. Pada masa mudanya, dia melakukan perjalanan ke berbagai tempat dalam rangka mencari ilmu. Dia amat menitikberatkan perhatian terhadap penelitian tanaman obat. Hal inilah yang menjadi keistimewaan Shuwari. Banyak peneliti yang menyatakan bahwa Shuwari adalah peletak dasar keilmuan tanaman obat. Di antara karya Shuwari yang terpenting adalah sebuah ensiklopedia bergambar tentang ilmu flora.

Muhaqqiq Khansari Wafat

1 Rajab Husain bin Ahmad, yang terkenal dengan nama Muhaqqiq Khansari, seorang hakim dan fiqih Iran, meninggal dunia. Ilmuwan muslim ini merupakan salah satu di antara pengajar ilmu agama terkemuka di Iran pada zamannya dan memilki banyak murid. Muhaqqiq Khansari meninggalkan banyak karya, di antaranya terjemahan Al-Quran dan penjelasan terhadap kitab-kitab terkemuka Islam.

19 AGUSTUS


Taiwan Jatuh ke Jepang

19 Agustus tahun 1895, Cina setelah kalah dalam perang melawan Jepang, terpaksa menyerahkan kepulauan Taiwan kepada Jepang berdasarkan perjanjian Simonoseki. Namun, ketika akhirnya Jepang kalah dalam Perang Dunia Kedua, Taiwan dikembalikan kepada Cina. Kemudian, di dalam negeri Cina terjadi perang internal antara kaum komunis dibawah pimpinan Mao Tse- Tung dengan pasukan pemerintah di bawah pimpinan Chiang Kai Sek. Perang ini berakhir dengan kemenangan kaum komunis dan Chiang Kai Sek serta pasukannya dengan perlindungan AS mendirikan pemerintahan di Taiwan. Meskipun hingga kini, AS selalu melindungi Taiwan, namun Cina terus berusaha utnuk mengembalikan Taiwan ke dalam wilayah kekuasaannya.

Fedriko Garcia Lorca Terbunuh

19 Agustus tahun 1936, Fedriko Garcia Lorca, penyair dan dramawan Spanyol, mati terbunuh. Dia dilahirkan pada tahun 1899 dan karya pertamanya berjudul “Emosi dan Pemandangan”. Buku syairnya yang terkenal berjudul “Buku Syair”, “Pengantin Darah” dan “Syair New York”. Lorca yang merupakan pendukung partai republik dalam perang internal Spanyol dibunuh oleh pasukan pemberontak yang dipimpin oleh Jenderal Franco.

Kudeta Atas Pemerintahan Mushaddieq di Iran

19 Agustus tahun 1953, terjadi sebuah kudeta terhadap pemerintahan Dr. Mushadiq di Iran. Dengan digulingkannya Mushadiq, Syah Muhammd Reza Pahlevi yang tiga hari sebelum kudeta melarikan diri ke Italia, kembali menduduki kekuasaannya di Iran. Kudeta ini didalangi oleh CIA dan bekerja sama dengan Inggris dan memanfaatkan perpecahan yang terjadi di antara para poltikus dan rakyat.

Sebelum terjadinya kudeta ini, rakyat muslim Iran berhasil menghentikan penguasaan Inggris atas industri minyak Iran dan menasionalisasi industri minyak tersebut. Namun, kebangkitan rakyat ini menjadi lemah karena terjadinya pertentangan antara para pemimpin politik dan ruhaniwan.

Dalam situasi seperti itu, komandan militer Tehran mengumumkan pelarangan segala bentuk demostrasi. Namun, sekelompok preman yang sebelumnya sudah diorganisasi bersama dengan pasukan Syah turun ke jalan dan menyerang pusat-pusat pemerintahan. Kemudian, Zahedi, seorang perwira pro-AS mengumumkan jatuhnya pemerintahan Mushadiq dan mengangkat dirinya sebagai perdana menteri melalui radio.

Setelah kudeta, Syah Reza kembali berkuasa dan menerapkan politik yang amat menekan rakyat dan memberlakukan sensor yang sangat ketat. Hasil lain dari kudeta ini adalah meningkatnya pengaruh AS di Iran dan mengurangi pengaruh Inggris.

Kudeta Terhadap Presiden Gorbachev

19 Agustus tahun 1991, sekelompok militer Uni Soviet di bawah pimpinan Genadi Yanayev, melakukan kudeta terhadap Presiden Gorbachev. Para pelaku kudeta ini berkeinginan untuk mengakhiri reformasi Gorbachev dan menghalangi terpecah-pecahnya Uni Soviet. Pada saat terjadinya kudeta, Gorbachev sedang berada di kepulauan Krim di tepi laut Hitam. Boris Yeltsin yang saat itu menjadi presiden negara bagian Rusia dengan dukungan Barat dan rakyat membungkam kudeta tersebut. Digagalkannya kudeta ini membuat kekuasaan Yeltsin semakin besar dan keruntuhan Uni Soviet semakin cepat.

Ibnu Rumi Lahir

2 Rajab tahun 221 Hijriah, Ibnu Rumi, penyair terkenal Arab terlahir di dunia di kota Baghdad. Sejak kecil dia menimba ilmu dari ayahnya dan dari ulama-ulama terkemuka pada masa itu. Ibnu Rumi sejak muda telah menguasai ilmu sastra dan telah menciptakan syair-syair yang indah. Ibnu Rumi dianggap sebagai penyair khusus Imam Hasan Asykari a.s. – salah satu keturunan Rasulullah SAWW—karena banyak menciptakan syair yang memuji beliau. Rumi meninggal tahun 283 Hijriah.

Abu Raihan Biruni Wafat

2 Rajab Abu Raihan Biruni, ilmuwan terkemuka Iran meninggal dunia di kota Gazneh Afganistan. Abu Raihan Biruni sejak mua telah tertarik pada ilmu matematika dan ilmu alam dan dalam waktu singkat dia mampu menjadi ilmuwan besar di bidang itu. Biruni juga menguasai bidang sejarah, geografi, kedokteran, obat-obatan, perbintangan, filsafat, dan berbagai bahasa, di antaranya Arab, Yunani, dan Sansekerta. Abu Raihan Biruni adalah penemu fenomena rotasi bumi dan dia berhasil menghitung bahwa setiap hari bumi berotasi dan dalam setahun bumi berputar mengelilingi matahari.

20 AGUSTUS


Brussel Dikuasai Jerman

20 Agustus tahun 1914, Brussel, ibu kota Belgia dikuasai oleh tentara Jerman. Brussel merupakan ibu kota pertama yang berhasil dikuasai Jerman dalam Perang Dunia Pertama. Meskipun Belgia telah mengumumkan netralitas negara ini dalam perang, namun Jerman sejak tanggal 4 Agustus 1914 menyerang pertahanan militer Leez yang merupakan penghalang terbesar masuknya tentara Jerman ke Belgia. Enam belas hari kemudian, Brussel sepenuhnya diduduki oleh Jerman.

Roman Roland Meninggal Dunia

20 Agustus tahun 1944, Roman Roland, penulis dan sastrawan Perancis meninggal dunia. Roland dilahirkan pada tahun 1866 di Fiurne. Di antara karya-karya yang ditinggalkan Roland adalah novel-novel berjudul “Jean Kristof” dan “John Shifte”. Selain menulis novel dan naskah drama, Roland juga menulis biografi para pembesar dan orang-orang terkenal dunia, di antaranya Bethoven.

Pasukan Pakta Warsawa Masuki Praha

20 Agustus tahun 1968, tentara Pakta Pertahanan Warsawa yang dipimpin Uni Soviet memasuki Praha, ibu kota Chekoslovakia, dan untuk ke sekian kalinya, penguasa komunis kembali bercokol di negeri itu. Sebelumnya, akibat adanya ketidaksukaan rakyat terhadap pemerintahan komunis, Aleksander Dubchek, seorang tokoh moderat dari Chekoslovakia yang menjadi perdana menteri negara ini, memberikan kebebasan terbatas kepada rakyatnya. Tindakan Perdana Menteri ini menimbulkan kekhawatiran para pemimpin Uni Soviet. Oleh karena itulah dilakukan tindakan militer oleh negara-negara anggota Pakta Warsawa. Tentara Uni Soviet kemudian menduduki negeri itu sambil melakukan represi terhadap rakyat. Aleksander Dubchek disingkirkan dan gerakan kebebasan rakyat Chekoslovakia yang dikenal dengan nama “Musim Semi Praha” secara total dilumpuhkan. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Chekoslovakia memecah diri menjadi dua negara, yaitu Cheko dan Slovakia.

Demo Akbar Anti Syah di Abadan

20 Agustus tahun 1978, rakyat kota Abadan di selatan Iran mengadakan demonstrasi besar-besaran menentang rezim Syah. Demonstrasi ini dipicu oleh tindakan tidak manusiawi rezim Syah yang membakar bioskop Rex di kota itu dan menewaskan 277 laki-laki, perempuan, dan anak-anak.

AS Serang Afganistan dan Sudan

20 Agustus tahun 1998, Amerika menghujani Afganistan dan Sudan dengan rudal jarak jauh. Serangan ini didasarkan kepada klaim Washington bahwa pelaku pengeboman Kedubes AS di Kenya dan Tanzania dua minggu sebelumnya, terkait dengan Afganistan dan Sudan. Selain itu, Washington memberi alasan bahwa penyerangan terhadap sebuah pabrik obat-obatan di Sudan dilakukan karena pabrik itu produsen senajat kimia. Tuduhan AS ini sama sekali tidak pernah terbukti. Sebagian pengamat politik menyatakan bahwa serangan ini dilakukan untuk memalingkan perhatian masyarakat dari skandal asusila Bill Clinton, presiden AS waktu itu. Oleh karena itulah, serangan ini menimbulkan kemarahan dunia internasional terhadap politik agresi AS.

Imam Ali An-Naqy a.s Gugur

3 Rajab 254 hijriah, Imam Ali An-Naqy a.s. keturunan generasi ke sembilan Rasulullah SAWW, gugur syahid. Beliau dilahirkan pada tahun 212 Hijriah di sekitar kota Madinah dan berada di bawah bimbingan ayah beliau, Imam Jawad a.s. Setelah Imam Jawad meninggal, Imam Ali An-Naqy diangkat sebagai imam kaum muslimin. Salah satu julukan beliau adalah Imam Hadi, yang artinya orang yang memberi petunjuk. Beliau mengajarkan Islam kepada umat muslim daan menjawab berbagai pertanyaan dan persoalan yang diajukan kepadanya. Di samping itu, Imam Hadi dikenal juga kedermawanannya. Tidak seorang fakir miskinpun yang pergi dari rumahnya dengan kekecewaan. Karena ketinggian ilmu dan kemuliaan akhlaknya itu, Imam Hadi amat dicintai umatnya dan hal ini menimbulkan kedengkian penguasa saat itu, yaitu raja Dinasti Abasiah.

Karena itulah beliau akhirnya dibunuh dan gugur syahid.

Salah satu di antara hadis Imam Ali An-Naqy atau Imam hadi a.s. adalah, “Berhati-hatilah terhadap orang yang tidak menjaga kehormatan dan kemuliaan dirinya sendiri.”

21 AGUSTUS


Perang Iran Vs Ottoman

21 Agustus tahun 1514, terjadi perang Chaldoran yang merupakan perang terbesar dalam sejarah Iran dan Imperium Utsmani. Perang ini terjadi di sebuah padang pasir bernama Chaldoran yang terletak di antara kota Tabriz dan Khui di barat laut Iran. Perang ini terjadi antara tentara Syah Ismail Safawi dan kekuatan Sultan Salim Utsmani. Pasukan Utsmani yang memiliki persenjataan lebih kuat, berhasil menang dalam pertempuran itu.

Reynold Nicholson Meninggal Dunia

21 Agustus tahun 1945, Reynold Nicholson, ilmuwan dan orientalis Inggris, meninggal dunia. Dia lahir pada tahun 1868. Nicholson bekerja sebagai dosen bahasa di Universitas Cambridge London. Dia melakukan penelaahan yang mendalam mengenai sastra Iran dan menganggap dirinya sebagai murid Jalaluddin Rumi, penyair sufi terkenal Iran. Nicholson melakukan penelitian selama 25 tahun mengenai Rumi dan merupakan penerjemah pertama karya Rumi ke dalam bahasa Inggris. Penyuntingan atas buku “Tadzkiratul Awliya”, karya Attar Naishaburi dan penulisan buku “Sejarah Sastra Arab”, adalah di antara karya-karyanya yang terkenal.

Traktat Pertahanan Santo Didirikan

21 Agustus tahun 1959, sebuah traktat pertahanan yang dinamakan Santo beranggotakan Iran, Turki, Pakistan, dan Inggris didirikan di Ankara, untuk menggantikan Pakta Baghdad. Meskipun Amerika secara resmi bukan anggota organisasi itu, dan hanya berstatus sebagai peninjau dalam sidang-sidang Santo, namun secara prakteknya, Washington melakukan campur tangan dalam keseluruhan keputusan-keputusan organisasi ini. Kenyataannya, Santo di timur dan Nato di barat, saling berkaitan satu sama lain dalam rangka menandingi Uni Sovyet. Setelah kemenangan revolusi Islam Iran, negara ini keluar dari pakta Santo, pada tahun 1979, dan organsiasi ini secara praktis bubar.

Masjid Al-Aqsha Dibakar Kaum Zionis

21 Agustus tahun 1969, Masjid Al-Aqsha yang merupakan kiblat pertama kaum muslimin, dibakar oleh rezim Zionis. Akibat kebakaran ini, Masjid Al-Aqsha mengalami kerusakan berat. Rezim Zionis menyatakan bahwa pelaku pembakaran itu seorang turis asal Autralia yang kemudian ditangkap dan diadili. Namun, pengadilan sandiwara yang dilaksanakan di Tel Aviv memutuskan bahwa turis tersebut mengalami gangguan jiwa dan karena itu dia dibebaskan. Menanggapi kejadian pembakaran ini, rakyat muslim di berbagai penjuru dunia melakukan demonstrasi. Selain itu, pembakaran masjid Al-Aqsha ini mendorong pemerintah negara-negara muslim mendirikan Organisasii Konferensi Islam dengan tujuan untuk mengadaapi bahaya yang mengancam dunia dan kesucian Islam.

Estonia Merdeka

21 Agustus tahun 1991, Estonia yang merupakan salah satu negara bagian Uni Soviet, mengumumkan kemerdekaannya. Setelah revolusi komunis Soviet dan usainya Perang Dunia Pertama, Estonia untuk pertama kalinya berdiri tahun 1918. Namun, berdasarkan perjanjian rahasia yang ditandatangani Hiler dan Stalin pada tahun 1939, Estonia menjadi bagian dari Uni Soviet. Setahun kemudian, setelah dilakukan pemilu semu dan terbentuknya pemerimtahan boneka, negara ini resmi bergabung dengan Uni Soviet.

Saat berlangsungnya era keruntuhan Sovyet pada dekade 1980, rakyat Estonia juga memperjuangan kemerdekaannya. Akhirnya, melalui sebuah referendum bulan Maret tahun 1991, diketahui bahwa 80 % rakyat kawasan itu menginginkan kemerdekaan.

Muhammad bin Ali Wasithy Wafat

4 rajab 592 hijriah, Muhammad bin Ali Wasithy, seorang penyair muslim, meninggal dunia. Penyair yang terkenal dengan nama Ibnu Muallim ini dilahirkan pada tahun 501 hijriah. Dalam syair-syairnya, Ibnu Muallim menyampaikan ajaran akhlak dan kemasyarakatan dengan bahasa yang sederhana dan lancar. Selain itu, Ibnu Mualim juga menulis syair-syair sufi. Karya-karya syairnya itu dikumpulkan dalam sebuah buku kumpulan puisi

22 AGUSTUS


Perang La Rochelle Pecah di Perancis

376 tahun yang lalu, yaitu tanggal 22 Agustus tahun 1628, terjadi Perang “La Rochelle” di Perancis, yang merupakan perang terakhir antara kaum Katolik dan Protestan. Perang ini dimulai oleh kaum Protestan Inggris. Kaum Katolik yang dilindungi oleh tentara Perancis di bawah pimpinan Kanselir Perancis saat itu, Richelieu, berjuang melawan kaum Protestan dan mempertahankan kota La Rochelle. Perang berakhir satu tahun kemudian dengan kemenangan kaum Katolik dan pembebasan kota La Rochelle dari penguasaan Protestan.

Perjanjian Segi Tiga Rusia, Polandia, dan Denmark

22 Agustus tahun 1698, ditandatangani Perjanjian Segitiga antara tiga negara yaitu Rusia, Polandia, dan Denmark. Para raja di ketiga negara tersebut bermaksud mengalahkan Raja Swedia yang masih muda, Charol Ketiga, dan menjajah Swedia. Oleh karena itu, dua tahun kemudian, pada bulan April tahun 1700, negara-negara anggota Perjanjian Segitiga itu menyerang Swedia. Raja Charol Ketiga berjuang mempertahankan negerinya dan berhasil mengalahkan tiga negara tersebut. Setelah mengadakan perdamaian dengan Denmark, pada tahun 1704, Raja Charol Ketiga menyerang Polandia dan menjajah negeri itu. Selanjutnya, Raja Swedia itu menyerang Rusia, namun gagal meraih kemenangan.

Claude Debussy Lahir

22 Agustus tahun 1862, Claude Debussy, pencipta lagu dari Perancis terlahir ke dunia di sebuah daerah di dekat Paris. Dia dibesarkan di tengah keluarga yang menyukai seni dan dengan segera memperlihatkan kemampuannya di bidang musik. Debussy menciptakan perubahan dan inovasi dalam bahasa musik. Di antara karya-karya Debussy yang terkenal adalah “Laut” dan “Kesaksian Sebastian Suci”. Debussy meninggal tahun 1918.

Eropa, Asia, dan Amerika Teken Perjanjian Jenewa

22 Agutus tahun 1864, ditandatangani Perjanjian Bersejarah “Genewa” oleh wakil-wakil sejumlah negara Eropa, Asia, dan Amerika. Tujuan ditandatanganinya perjanjian ini adalah untuk mengirimkan tim penolong kepada para pasukan yang terluka di medan perang. Berdasarkan perjanjian ini, anggota tim kedokteran, para penolong, dan fasilitas yang terkait dengan mereka, harus dianggap netral dalam medan pertempuran apapun. Oleh karena itu, tim kedokteran tersebut harus dilindungi keselamatannya. Pelopor perjanjian ini adalah seorang berkebangsaan Swiss, bernama Henry Dunant.

Abu usuf Ya’qub bin Ishaq Gugur Syahid

5 Rajab 244 Hijriah, Abu Yusuf Ya’qub bin Ishaq yang terkenal dengan nama Ibnu Sukait” ilmuwan dan ahli bahasa terkemuka muslim, gugur syahid akibat dibunuh oleh salah satu penguasa Dinasti Abasiah. Dia dilahirkan di Khuzestan di barat daya Iran dan kemudian bersama keluarganya pergi ke Baghdad. Di sana, ia belajar kepada ulama-ulama terkemuka pada zaman itu. Ketermasyhuran Abu Yusuf Ya’qub bin Ishaq menyebabkan khalifah Mutawakil memintanya untuk mengajar anaknya. Namun, karena Ibnu Sukait mengajarkan kecintaan terhadap Ahlul Bait Rasulullah, khalifah Mutawakil akhirnya membunuhnya.

Ibnu Sukait meninggalkan lebih dari 20 jilid buku yang di antaranya berjudul “Islahul Mantiq” dan sebuah buku kumpulan syair.

Shihabuddin Suhrawardi Gugur Syahid

5 Rajab 578 Hijriah, Shihabuddin Suhrawardi, yang dijuluki Syaikh Asyraf, hakim dan filsuf besar Iran, gugur syahid. Suhrawardi karena kepintaran dan kekuatan hapalannya, dengan cepat menguasai berbagai ilmu keislaman, khusunya ilmu filsafat. Dia juga melakukan perjalanan ke berbagai kota-kota Islam untuk belajar kepada ulama-ulama di kota-kota tersebut. Suhrawardi kemudain mendirikan sebuah pusat pengajaran filsafat baru yang dinamai Asyraf. Berlawanan dengan para filsuf pada zaman itu, dia berkeyakinan bahwa akal dan argumentasi tidak cukup untuk mencapai hakikat, melainkan harus ditambah dengan proses pencapaian sufistik. Pandangan filsafat dan sufisme Suhrawardi menimbulkan kemarahan para penentangnya dan dia kemudian ditangkap, lalu dibunuh.

Buku-buku karya Suhrawardi, di antaranya berjudul “Hikmatul Asyraf”, “Al-Mabda’ wal Ma’ad”, dan “Kitabul Talwiihat”.

23 AGUSTUS


Andre Chenier Lahir

23 Agustus tahun 1762, Andre Chenier, penyair dan sastrwawan abad ke-18 Perancis, terlahir ke dunia. Dia memiliki bakat alami dan sejak masa mudanya dia telah memperlihatkan kemampuan seninya. Karya-karyanya dengan sangat cepat termasyhur di Perancis. Pada masa Revolusi Perancis, Chenier ditangkap oleh Pemimpin Revolusi Perancis, Robespierre, dengan tuduhan menentang politik represif Robespierre. Chenier dijatuhi hukuman mati pada tahun 1794.

Pakta Praha Diteken

23 Agustus tahun 1866, ditandatangani Pakta Praha oleh dua negara yaitu Prusia dan Austria. Pakta bersejarah yang ditandatangani di kota Praha ini dilakukan atas permintaan Austria yang kalah dari Prusia dalam Perang Autria-Prusia. Dengan adanya pakta ini, persekutuan Jerman yang diketuai Austria dibubarkan. Berdasarkan Pakta Praha, sebagian wilayah Austria diserahkan kepada Jerman.

Jerman dan Uni Soviet Teken Perjanjian Tidak Saling Serang

23 Agustus tahun 1939, Menteri Luar Negeri Jerman dan Menlu Soviet menandatangani perjanjian untuk tidak saling menyerang di antara kedua negara selama sepuluh tahun. Saat itu, pemimpin Jerman adalah Hitler dan pemimpin Rusia adalah Stalin. Pada bulan Juni tahun 1941, pasukan Nazi Jerman melanggar perjanjian ini dan menyerang Uni Soviet.

Perang Stalingrad Pecah

23 Agutus tahun 1942, terjadi perang Stalingrad antara pasukan Uni Soviet dan Nazi Jerman. Hanya dalam sehari, empat puluh ribu tentara Jerman dan Uni Soviet tewas terbunuh. Penyebab terjadinya korban yang sedemikian banyak adalah karena adanya perintah Hitler yang menyuruh pasukannya agar dalam kondisi apapun, kota Stalingrad harus dikalahkan. Akibatnya pasukan Jerman bertempur mati-matian untuk merebut kota tersebut. Namun, rakyat kota Stalingrad juga melakukan perlawanan yang sangat kuat sehingga pasukan Nazi gagal mencapai tujuannya. Para sejarawan menilai, kekalahan Jerman di Stalingrad merupakan awal dari kejatuhan Hitler.

Abu Muhamamd Qasim Bin Ali Bashry Wafat

6 Rajab 516, Hijriah, Abu Muhamamd Qasim Bin Ali Bashry, yang terkenal dengan nama Ibnu Hariry, seorang sastrawan dan penulis Iran yang bermukim di Bagdad, meninggal dunia. Dia adalah penulis buku berjudul “Maqaamaat” yang merupakan buku bahasa yang hampir tidak ada bandingannya. Dalam buku ini, Ibnu Hariry menjelaskan ….Oleh karena itulah hingga kini, buku karya Ibnu Hariry tersebut masih menjadi rujukan untuk mengenal sastra Arab.

24 AGUSTUS


Meksiko Merdeka

24 Agustus tahun 1821, Meksiko meraih kemerdekaannya dari Spanyol. Meksiko memiliki sejarah yang sangat tua sejak 5000 tahun sebelum Masehi. Negeri ini memiliki berbagai peradaban penting dan kekaisaran terakhir di sana adalah kekaisaran Aztec. Pada tahun 1518, Spanyol masuk ke Meksiko dan dengan memanfaatkan krisis internal serta ketidakpahaman rakyat Meksiko terhadap maksud kedatangan Spanyol, akhirnya Spanyol berhasil menjajah negeri ini. Sejak saat itu, jutaan orang Spanyol datang ke Spanyol dan membunuh sebagian besar kaum kulit merah negeri ini.

Meksiko juga menjadi pintu gerbang bagi masuknya Spanyol ke benua Amerika. Setelah hampir tiga abad menjajah Meksiko, kekuatan Spanyol mulai berkurang dan sejak awal abad ke-19, rakyat Meksiko memulai perlawanan untuk merebut kemerdekaannya. Kebangkitan rakyat Meksiko ini dua kali digagalkan oleh Spanyol dengan melakukan represi yang keras. Akhirnya pada tahun 1821, rakyat Meksiko berhasil mengalahkan Spanyol dan meraih kemerdekaan mereka.

Meksiko memilki luas wilayah dua juta kilometer persegi, terletak di tepi Lautan Teduh dan Teluk Meksiko, serta berbatasan dengan Amerika di utara dan dengan Guatemala di selatan.

Pierre Currie Lahir

24 Agustus tahun 1859, Pierre Currie, ilmuwan fisika Perancis terlahir ke dunia di kota Paris. Kemampuan Currie di bidang matematika dan fisika sudah terlihat sejak masa mudanya dan dia melakukan penelitian yang luas di bidang ini. Pada tahun 1898, dengan bantuan istrinya Marie, Pierre Currie berhasil menemukan radium. Pada tahun 1906, Pierre Currie meninggal dunia.

Perjuangan Tembok Ratapan Dimulai

24 Agustus tahun 1929, dimulai perjuangan “Tembok Ratapan” di Baitul Muqaddas, Palestina. Tembok Ratapan terletak di bagian barat Masjid Al-Aqsha, tempat mi’raj-nya Nabi Muhammad SAWW. Oleh karena itu, masjid ini memiliki posisi penting dalam agama dan sejarah umat Islam. Seminggu sebelum dimulainya perjuangan Tembok Ratapan ini, rezim Zionis dengan dukungan Inggris memulai gerakan melawan kaum muslim dalam upaya untuk menduduki wilayah Palestina. Tindakan rezim Zionis inilah yang memacu timbulnya perjuangan Tembok Ratapan di Baitul Muqaddas dan secara cepat meluas ke kota-kota lainnya. Inggris kemudian memberlakukan pemerintahan militer di Palestina. Pasukan Zionis dan Inggris selama satu minggu berusaha memadamkan perlawanan rakyat Palestina. Akhirnya, setelah jatuh ratusan korban yang tewas dan luka-luka, perjuangan rakyat Palestina untuk sementara terhenti. Penguasa Inggris di Palestina kemudian mengadili lebih dari delapan ratus orang Palestina dan menghukum mereka.

Ukraina Merdeka

24 Agustus tahun 1991, Ukraina mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Rusia sejak pertengahan abad ke-17 mulai menduduki Ukraina yang sebelumnya dijajah oleh Polandia. Pada akhir abad ke-18, sebagian besar wilayah Ukraina berhasil diduduki Rusia. Setelah terjadi revolusi komunis Soviet, Ukraina meraih kemerdekaannya. Namun pada tahun 1922, Ukraina dimasukkan sebagai salah satu negara yang tergabung dalam Uni Soviet.

Setelah keruntuhan Uni Soviet di tahun 1989, timbul gerakan-gerakan kemerdekaan negara-negara yang tergabung dalam Uni Soviet. Ukraina pun tak ketinggalan memperjuangkan kemerdekaannya yang akhirnya berhasil dicapai pada tahun 1991.

Ukraina terletak di tepi Laut Hitam, memiliki luas wilayah lebih dari 600 ribu kilometer persegi, dan berbatasan dengan Belarusia, Polandia, Slovakia, Hongaria, Romania, dan Moldova.

Ibnu Tarara Lahir

7 Rajab tahun 305 Hijriah, Ibnu Tarara, seorang ahli hadis dan sastrawan muslim asal Irak, terlahir ke dunia. Ilmuwan muslim ini menulis banyak karya di bidang fiqih, namun tidak satupun yang bisa ditemukan. Karya Ibnu Tarara lainnya adalah di bidang sastra, yaitu berjudul “Al-Jaliis As-Shaalih Al-Kaafi wal Aniis An-Naasih Asy-Syaafi”. Buku sebanyak seratus jilid ini sebagiannya dimulai dengan hadis Nabi, lalu dilanjutkan dengan penjelasan atas hadis tersebut, dan kemudian diisi dengan hikayat dan syair-syair yang sesuai dengan hadis tersebut. Ibnu Tarara meninggal dunia pada tahun 390 Hijriah.

Syah Muhammad Berkuasa di Iran

7 Rajab tahun 1250 Hijriah, Syah Muhammad, raja ketiga dalam Dinasti Qajar Iran, meraih kekuasaannya. Dalam masa pemerintahannya, dampak negatif peperangan mendiang ayahnya, Syah Fatah Ali, melawan Rusia dan ditandatanganinya perjanjian Gulistan dan Turkeman, mulai dirasakan rakyat. Menurut kedua perjanjian tersebut, sebagian wilayah barat laut Iran diserahkan kepada Tzar Rusia. Pada masa itu pula, Inggris dan Rusia mulai masuk ke Iran dengan tujuan ingin menguasai seluruh wilayah negeri itu. Pada tahun 1264, Syah Muhammad meninggal dunia dan digantikan oleh anaknya, Syah Nashiruddin.

25 AGUSTUS


Perang Salib Dimulai

25 Agustus tahun 1095, dimulailah rangkaian Perang Salib antara kaum Muslimin dan kaum Kristiani. Tujuan jangka pendek orang-orang Kristen adalah menguasai Baitul maqdis, namun tujuan mereka sesungguhnya adalah bergerak ke arah Timur untuk menguasai wilayah Islam yang luas dan menjajah kaum muslimin. Para pengikut gereja dalam perang ini menggunakan tanda salib di pundak dan baju mereka. Oleh karena itulah perang ini dikenal dengan nama Perang Salib.

Tentara Salib setelah beberapa kali berperang dengan kaum muslimin sepanjang perjalanan menuju Baitul Maqdis, akhirnya berhasil mencapai kota ini dan menjajahnya pada tahun 1099. Rakyat kota ini dibunuh massal dan harta benda mereka dijarah. Pada akhir abad ke-12, pasukan muslim di bawah pimpinan Salahuddin Al-Ayubi berhasil mengalahkan Tentara Salib dan pada tahun 1187, kota Baitul Maqdis berhasil direbut kembali oleh kaum muslimin. Perang antara kedua pihak masih terus berlangsung hingga tahun 1270, tetapi Tentara Salib tetap tidak mampu merebut kembali kota Baitul Maqdis. Namun demikian, perang ini telah memperkenalkan peradaban Islam kepada Barat dan memberikan pengaruh kebudayaan, ilmu, dan sosial yang besar terhadap Eropa abad pertengahan.

Uruguay Merdeka

25 Agustus tahun 1825, Uruguay berhasil meraih kemerdekaaannya dari Brazil dan hari ini dijadikan sebagai Hari Kemerdekaan bangsa Uruguay. Uruguay sejak tahun 1516 dijajah oleh Portugis dan Spanyol. Antara tahun 1810 hingga 1814, setelah terjadi pertempuran berdarah, negara ini meraih kemerdekaannya. Namun, pada tahun 1820, Brazil menjajah negeri ini dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi bagian dari Brazil. Lima tahun kemudian, pada kebangkitan gerakan kemerdekaan Amerika Latin, Uruguay juga berhasil meraih kemerdekaannya kembali. Uruguay memiliki luas wilayah 176.215 kilometer persegi, terletak di bagian timur Amerika Selatan dan di tepi Samudera Atlantik, serta berbatasan dengan Brazil dan Argentina.

Pasukan Sekutu Menduduki Iran

25 Agustus tahun 1941, dalam Perang Dunia Kedua, pasukan Sekutu menduduki Iran. Pada tahun itu, kemajuan tentara Nazi yang cepat ke arah Soviet menyebabkan kekhawatiran yang besar dari AS, Perancis, dan Inggris. Karena, jika Nazi berhasil menguasai Soviet, kepentingan Barat di Timur Tengah dan Timur Jauh berada dalam bahaya dan peluang kemenangan Jerman akan semakin besar.
Oleh karena itu, Sekutu memutuskan untuk mengirimkan senjata dan biaya kepada Soviet melalui Iran. Pada pagi hari tanggal 25 Agustus 1941, Iran diserang lewat darat, laut, dan udara oleh tentara Soviet dan Inggris. Rezim despotik Syah Reza Khan yang berkuasa saat itu tidak berhasil melakukan perlawanan berarti, sehingga dua puluh hari kemudian, Teheran berhasil dikuasai oleh Inggris dan Soviet. Berdasarkan kesepakatan London dan Moskow, Syah Reza Khan digulingkan dari kekuasaannya dan dibuang ke luar negeri. Anak Reza Khan kemudian diangkat sebagai penggantinya.

Belaruss Keluar Dari Uni Soviet

25 Agustus tahun 1991, Belaruss melepaskan diri dari Uni Soviet dan menjadi negara independen. Belaruss sejak abad ke-14 berada di bawah kontrol Lituania dan sejak tahun 1569 dikuasai oleh Polandia. Pada akhir abad ke-18, Belaruss dijajah oleh Rusia. Setelah Perang Dunia Pertama, wilayah Belaruss dibagi antara Rusia dan Polandia. Namun, setelah Rusia menang perang, keseluruhan wilayah Belaruss diduduki Rusia. Menyusul keruntuhan Uni Soviet dan gerakan kemerdekan bangsa-bangsa yang tergabung di dalamnya, Belaruss pun tak ketinggalan memperjuangkan kemerdekaannya. Belaruss memiliki luas wilayah 208 ribu kilometer persegi dan berbatsan dengan Rusia, Ukraina, Polandia, dan Lithuania.

Syaikh Hur Al-Amily Lahir

8 Rajab 1033 hijriah, Syaikh Abu Ja’far Muhammad bin Hasan, yang terkenal dengan nama Syaikh Hur Amily, seorang ahli fiqih dan ahli hadis terkenal di dunia Islam, terlahir ke dunia. Setelah belajar kepada ulama-ulama besar di masa itu dan melakukan penelitian selama bertahun-tahun, beliau menulis berbagai buku. Di antaranya, berjudul “Wasailus-Syiah” yang berisi masalah fiqih dan hadis dan “Hidayatul Ummah”. Syaikh Abu Ja’far Muhammad bin Hasan meninggal dunia pada tahun 1114 Hijriah.

Sayyid Husain Khansari Wafat

8 Rajab 1191 Hijriah, Sayyid Husain Khansari, seorang ulama besar asal Iran, meninggal dunia. Beliau memiliki banyak murid yang diantaranya menjadi ulama besar pada zamannya. Di antara murid beliau adalah Allamah Bahrul Ulum. Sayyid Husain Khansari meninggalkan banyak karya, di antaranya “Syarah Doa Abu Hamzah” dan “Syarah Ziarah Asyura”.

Abu Hatim Sahl Bin Muhammad Sajestani Wafat

8 Rajab tahun 248 Hijriah, Abu Hatim Sahl Bin Muhammad Sajestani, meninggal dunia. Abu Hatim terkenal karena kemampuannya yang tinggi di bidang ilmu Quran, hadis, sastra, dan syair. Di samping tekun beribadah dan menimba ilmu, beliau juga aktif dalam urusan kemasyarakatan. Abu Hatim meninggalkan banyak karya penulisan, di antaranya berjudul “I’rabul Quran” dan “Akhlaqul Insan”.

26 AGUSTUS


Artileri Mulai Digunakan Dalam Perang

26 Agustus tahun 1346, untuk pertama kalinya dalam sejarah, artileri digunakan dalam peperangan. Tentara Inggris menggunakan artileri untuk pertama kalinya dalam perang melawan Perancis. Raja Perancis saat itu, Philip Keenam, semula berada di ambang kemenangan karena memiliki jumlah tentara yang jauh lebih banyak daripada tentara Inggris. Namun, dengan digunakannya artileri oleh Inggris, Perancis terpaksa menelan kekalahannya.

Zhoel Roman Lahir

26 Agustus tahun 1885, Zhoel Roman, penulis Perancis, terlahir ke dunia. Setelah melalui pendidikan dasarnya, dia melanjutkan pendidikan ke universitas di bidang filsafat. Pada tahun 1945, Roman menjadi anggota Akademi Perancis. Karya pertama Roman adalah sebuah buku berjudul “Sahabat-Sahabat”. Karya Roman yang penting lainnya adalah sebuah naskah drama berjudul “Ben Johnson”.

Haji Mahdi Araqy dan Putranya Hisam Gugur

26 Agustus tahun 1358, Haji Mahdi Araqy dan putranya Hisam, gugur syahid karena dibunuh kelompok munafik Mujahidin Al-Khalq di Iran. Haji Mahdi Araqy adalah pejuang garis depan revolusi Islam Iran. Selama bertahun-tahun sebelum revolusi mencapai kemenangannya, beliau sudah berjuang melawan Rezim Syah. Akibatnya, beliau bertahun-tahun dipenjara oleh rezim Syah dan mengalami berbagai penderitaan. Setelah kemenangan revolusi, Haji Mahdi Araqy terus berjuang di sisi Imam Khomeini demi mempertahankan revolusi Islam. Beliau memiliki tempat khusus di sisi Imam Khomeini sampai-sampai Imam menyebutnya sebagai saudara dan anaknya sendiri. Setelah syahidnya Haji Mahdi Araqy, Imam Khomeini berkata, “Kesyahidan Haji Mahdi Araqy sangat berat bagi saya, namun kita harus berbahagia karena dia gugur syahid di jalan Allah . Dia memang harus gugur syahid karena baginya kematian di atas tempat tidur adalah kehinaan.”

Abdi Beik Shirazi Lahir

9 Rajab 921 Hijriah, Abdi Beik Shirazi, yang dijuluki “Nawidi” atau si berita gembira, seorang sejawaran Iran, terlahir ke dunia di kota Shiraz, selatan Iran. Karya terbesar sejarawan ini adalah sebuah buku sejarah yang berisi catatan sejarah lebih dari 100 tahun pemerintahan dinasti Safawi di Iran. Dalam buku ini, dia menceritakan kehidupan dinasti Safawi sejak awal hingga tahun 978 Hijriah. Karya lain Nawidi adalah “Jam-e Jamshidieh” yang ditulis dalam bentuk syair.

Izzuddin Husain Wafat

9 Rajab 963 Hijriah, Izzuddin Husain, seorang ulama abad ke-10 Hijriah, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 906 Hijriah di sebuah desa di Libanon.Dia kemudian menimba ilmu-ilmu yang berkembang pada zaman itu hingga akhirnya mencapai kedudukan tinggi di bidang ilmu agama dan sufistik. Pada tanggal 9 Rajab 963 Hijriah, Izzuddin Husain diracun oleh penentangnya dan gugur syahid.

27 AGUSTUS


Konstantinia Jadi Ibu Kota Wilayah Timur Imperium Romawi

27 Agustus tahun 326, kota Konstantinia yang baru dibangun dijadikan ibu kota wilayah timur Imperium Romawi. Kota ini dibangun atas perintah Kaisar Konstantin dan oleh karena itu, awalnya kota ini diberi nama Konstantinopel. Namun, kemudian nama kota ini berubah menjadi Konstantinia. Pada tahun 1453, kota ini dikuasai oleh Sultan Mahmud Utsmani dan diubah namanya menjadi Istambul. Dewasa ini, kota Istambul merupakan kota terpenting dan paling banyak penduduknya di Turki. Kota ini dibelah dua oleh sebuah selat bernama Bosporus.

Ali Akbar Kaveh Wafat

27 Agustus tahun 1990, Ali Akbar Kaveh, guru besar di bidang seni kaligrafi Iran, meninggal dunia. Seniman ini lahir di kota Shiraz, Iran, pada tahun 1271. Sejak kecil, dia sudah mengenal karya-karya kaligrafi dan jenis huruf Nast’aliq. Secara bertahap, Ali Akbar Kaveh mendalami bidang ini dengan belajar kepada seniman-seniman terkenal saat itu, seperti Mirza Taher Katib Humayun Hamedani dan Saifi Qazuni. Ali Akbar Kaveh selama bertahun-tahun mengabdi di Persatuan Penulis Kaligrafi Iran dan mendidik banyak seniman.

Moldova Merdeka

27 Agustus tahun 1991, Moldova meraih kemerdekaannya. Negara yang terletak di Eropa Timur ini sepanjang sejarahnya berada di bawah penjajahan berbagai bangsa dan negara, seperti Ukraina, Utsmani, Rusia, dan Romania. Setelah terjadi Revolusi Buruh di Rusia tahun 1917, Moldova diserahkan kepada Romania. Pada akhir Perang Dunia Kedua dan mundurnya Jerman dan Romania dari negara-negara jajahannya, Moldova dikuasai oleh Soviet dan digabungkan ke dalam Uni Soviet. Pada akhir dekade 1980-an, Uni Soviet bubar dan negara-negara yang tergabung di dalamnya satu persatu membebaskan diri. Sebagian rakyat Moldova berkeinginan untuk kembali bersatu dengan Rumania dan sebagian rakyat lainnya, terutama yang berasal dari etnik Rusia dan Ukrania, menolak hal tersebut. Akhirnya setelah diadakan referendum, didapatkan hasil bahwa sebagian besar rakyat Moldova menentang penyatuan negara ini dengan Romania dan menginginkan kemerdekaan penuh. Moldova memiliki luas wilayah 33700 kilometer persegi serta berbatasan dengan Romania dan Ukraina.

Imam Muhammad Taqi a.s Lahir

10 Rajab 195 Hijriah, Imam Muhammad Taqi a.s., keturunan Rasulullah generasi ke-8 terlahir ke dunia di kota Madinah. Setelah ayah beliau, yaitu Imam Ridha a.s. wafat, beliau mengemban tanggung jawab sebagai pemimpin kaum muslimin dan menjadi Imam ke-9. Beliau sangat dicintai oleh kaum muslimin dan terkenal karena kedermawanannya, sampai-sampai beliau dijuluki “Jawad” yang bermakna dermawan. Rumah Imam Jawad adalah tempat tujuan orang-orang yang sengsara dan butuh pertolongan. Dalam periode keimamahan Imam Jawad, lslam menyebar ke berbagai kawasan secara luas. Kondisi ini telah menyebabkan terbukanya peluang perpindahan pemikiran dari luar ke dalam kalangan umat Islam. Pada zaman itu juga terjadi berkali-kali dialog antara pemikir Islam dan non-Islam. Imam Jawad memainkan peranan yang sangat penting pada saat itu. Ia berhasil membimbing umat sekaligus mencegah terjadinya infiltrasi pemikiran-pemikiran luar yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Salah satu hadis dari beliau adalah, “Berpegang teguh kepada Tuhan adalah sebuah tangga untuk menuju derajat yang tinggi. Siapapun yang berpegang teguh kepada Tuhan, Tuhan pasti akan membebaskannya dari segala keburukan sekaligus menjaganya dari ancaman-ancaman musuh.”

28 AGUSTUS


Johan Wolfgang Goethe Lahir

28 Agustus 1749, Johan Wolfgang Goethe, penyair dan penulis terkemuka Jerman, terlahir ke dunia. Di kota kelahirannya, Frankfurt, dia mengenal musik, lukisan, dan berbagai bahasa. Di kota itu pula Goethe menyelesaikan pendidikannya di bidang hukum. Goethe merupakan salah satu penyebar sastra Jerman, namun dia tidak memiliki aliran sastra tertentu. Dia sangat menyukai sastra Iran terutama syair-syair Hafez, seorang penyair terkemuka Iran. Dia juga memiliki ketertarikan yang amat besar terhadap Al-Quran dan Islam.

Dalam hal ini Goethe menyatakan, “Pada awalnya, karena rasa ragu-ragu, kami menolak Al-Quran. Namun kemudian kitab ini menarik perhatian kami. Yang amat mengejutkan kami adalah bahwa kami tunduk pada prinsip dan hukum ilmiah di dalam kitab itu. Saya meyakini bahwa kitab dan ajarannya yang mendalam dan membebaskan manusia ini segera akan mendapat tempat di seluruh dunia dan akan menajdi poros dunia.”

Di antara karya-karya Goethe yang terkenal adalah “Kumpulan Syair Timur”, “Faust”, dan “Melodi Rumi”. Sastrawan Jerman ini meninggal pada tahun 1832.

Leon Tolstoy Lahir

28 Agustus 1828, Leon Tolstoy, penulis dan sastrawan Rusia terlahir ke dunia. Awalnya, Tolstoy bergabung dalam Angkatan Bersenjata Kaukasus dan buku pertamanya yang berjudul “Anak” ditulisnya dalam periode ini. Beberapa lama kemudian, Tolstoy keluar dari militer lalu menghabiskan waktunya untuk melakukan penelitian dan penulisan. Di antara karya-karya Tolstoy yang terpenting adalah “Perang dan Damai”, “Orang-Orang Kazak”, dan “haji Murad”. Penulis Rusia ini meninggal pada tahun 1910.

Ayatullah Sayid Abdul Majid Irwani Wafat

28 Agustus 1972, Ayatullah Sayid Abdul Majid Irwani, seorang ulama pejuang Iran, meninggal dunia. Ayatullah Irwani dilahirkan pada tahun 1934 di kota Tabriz, Iran. Untuk menuntut ilmu agama, beliau pergi ke kota Qom dan belajar pada ulama-ulama terkemuka hauzah ilmiah Qom, di antaranya, Ayatullah Burujerdi dan Imam Khomeini. Dalam melawan despotisme Rezim Syah, beliau melakukan perjuangan yang aktif sehingga berkali-kali ditangkap dan dipenjarakan oleh aparat keamanan. Setelah kemenangan Revolusi Islam Iran, di samping mengajar fiqih, Ayatullah Irawani masih terus melanjutkan aktivitas sosial dan revolusionernya dan mengabdikan hidupnya demi masyarakat Islam.

Ibnu Asakir Wafat

11 Rajab 571 Hijriah, Ibnu Asakir, sejarawan dan ahli hadis terkenal, meninggal dunia di kota Damaskus. Selama hidupnya, ia mempelajari Al-Quran, hadis, fiqih dan usul fiqih dari para ulama Damaskus. Ibnu Asakir juga menyempurnakan ilmu dengan melakukan perjalanan yang cukup jauh. Ia mendatangi pusat-pusat keilmuan di kota Bagdad, Kufah, Maushul, Naisyapur, Marw, Isfahan, dan Hamedan. Karya-karya Ibnu Asakir mencapai 134 buah buku, yang paling terkenal berjudul “Sejarah Damaskus” yang berisikan geografi historis dan biografi para ilmuwan dan ahli hadis Damaskus.

29 AGUSTUS/12 Rajab


Uni Soviet Lakukan Ujicoba Bom Nuklir

29 Agustus 1949, Uni Soviet melakukan percobaan bom atomnya yang pertama secara rahasia. Dengan demikian, sejak saat itu bom atom tidak lagi hanya dikuasai oleh Amerika. Keseimbangan yang terjadi dalam persaingan senjata atom antara AS dan Rusia ini dinamakan sebagai “kesetaraan mengerikan”. Dalam situasi seperti ini, kedua belah pihak mencegah diri untuk menggunakan bom atom ini karena khawatir pihak lawan akan menyerang. Sejak saat itu pula, AS dan Uni Soviet masuk ke dalam perang propaganda. Perang ini diistilahkan sebagai Perang Dingin. Perang yang terjadi antara blok Barat dan blok Timur ini berlangsung hingga bubarnya Uni Soviet tahun 1991. Meskipun dengan keruntuhan Uni Soviet ancaman terjadinya perang nuklir telah mereda, namun karena senjata nuklir masih berada di tangan AS dan Zionis, ancaman terhadap negara-negara independen dan penentang poltik perluasan kekuasaan mereka, masih terus berlanjut.

Ayatullah Sayyid Muhammad Taqi Khansari Wafat

29 Agustus 1952, Ayatullah Sayyid Muhammad Taqi Khansari, salah seorang ulama besar dan marji’ taqlid asal Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1888 di kota Khansar, Iran tengah. Beliau mempelajari ilmu fiqih, ushul fiqih, dan filsafat dari ulama-ulama terkemuka hauzah ilmiah Najaf, Irak. Di Irak, bersama-sama dengan rakyat negeri itu, Ayatullah Khansari juga ikut berjuang dalam melawan imperialisme Inggris. Akibatnya, beliau ditangkap oleh tentara Inggris dan dibuang ke Singapura. Setelah empat tahun berada di pembuangan, beliau kembali ke Iran dan mengajar di hauzah ilmiah Qum. Beberapa lama kemudian, akhirnya beliau mencapai derajat marja’iyyah. Di Iranpun, Ayatulah Khansaari meneruskan perjaungannya melawan imperialisme Inggris di Iran dan mendukung gerakan rakyat Iran dalam menasionalisasi minyak Iran.

Ayatullah Sayyid Shihabuddin Mar’asyi Najafi Wafat

29 Agustus 1990, Ayatullah Sayyid Shihabuddin Mar’asyi Najafi, salah seorang marji’ taklid kaum muslimin, meninggal dunia pada usia ke-96. Beliau dimakamkan di kompleks perpustakaannya yang besar di kota Qom Iran. Ulama besar ini menimba ilmu fiqih, ushul fiqih, hadis, tafsir, teologi, dan dasar-dasar akhlak di hauzah ilmiah kota Kadzimain dan Najaf, Irak. Setelah mencapai derajat mujtahid, atas permintaan Ayatullah Hairy Yazdi, beliau mengajar di hauzah ilmiah Qom dan melakukan penelitian. Beliau juga aktif dalam perjuangan melawan rezim Syah di sisi Imam Khomeini. Beliau banyak menulis buku di bidang fiqih, ushul fiqih, hadis, dan sufistik. Peninggalan beliau yang paling berharga adalah sebuah perpustakaan besar yang menampung lebih dari 300.000 buku.

Abbas bin Abdul Muthallib Wafat

12 Rajab tahun 32 Hijriah, Abbas bin Abdul Muthallib, salah seoran paman Rasulullah, dan pemuka Quraisy meinggal dunia. Selama hidupnya, ia dikenal sebagai orang yang berakhlak mulia serta memiliki kecerdasan yang tinggi. Sebagian sejarawan meyakini bahwa Abbas telah memeluk Islam secara sembunyi-sembunyi sebelum peristiwa hijrahnya Nabi SAWW ke Madinah. Ialah diyakini para sejarawan tersebut sebagai orang yang menyampaikan berbagai informasi rahasia mengenai gerakan-gerakan kaum musyrikin Mekah yang memerangi kaum muslimin. Abbas secara resmi memeluk Islam pada tahun kedelapan hijriah. Setelah Mekah ditaklukkan, Abbas diperintahkan Nabi untuk menjadi penanggung jawab penyediaan air bagi para peziarah Kabah.

Abu Hudzaifah Wafat

12 Rajab tahun 206 Hijriah, Abu Hudzaifah, seorang periwayat hadits dan sejarawan Islam meninggal dunia. Ia menjadi periwayat hadits setelah menimba ilmu dan mengumpulkan hadits-hadits di kota Mekah dan Madinah. Salah satu karyanya yan terkenal adalah kitab ‘Al-Mubtada’, berisikan kisah penciptaan manusia dan para nabi.

29 AGUSTUS


Uni Soviet Lakukan Ujicoba Bom Nuklir

29 Agustus 1949, Uni Soviet melakukan percobaan bom atomnya yang pertama secara rahasia. Dengan demikian, sejak saat itu bom atom tidak lagi hanya dikuasai oleh Amerika. Keseimbangan yang terjadi dalam persaingan senjata atom antara AS dan Rusia ini dinamakan sebagai “kesetaraan mengerikan”. Dalam situasi seperti ini, kedua belah pihak mencegah diri untuk menggunakan bom atom ini karena khawatir pihak lawan akan menyerang. Sejak saat itu pula, AS dan Uni Soviet masuk ke dalam perang propaganda. Perang ini diistilahkan sebagai Perang Dingin. Perang yang terjadi antara blok Barat dan blok Timur ini berlangsung hingga bubarnya Uni Soviet tahun 1991. Meskipun dengan keruntuhan Uni Soviet ancaman terjadinya perang nuklir telah mereda, namun karena senjata nuklir masih berada di tangan AS dan Zionis, ancaman terhadap negara-negara independen dan penentang poltik perluasan kekuasaan mereka, masih terus berlanjut.

Ayatullah Sayyid Muhammad Taqi Khansari Wafat

29 Agustus 1952, Ayatullah Sayyid Muhammad Taqi Khansari, salah seorang ulama besar dan marji’ taqlid asal Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1888 di kota Khansar, Iran tengah. Beliau mempelajari ilmu fiqih, ushul fiqih, dan filsafat dari ulama-ulama terkemuka hauzah ilmiah Najaf, Irak. Di Irak, bersama-sama dengan rakyat negeri itu, Ayatullah Khansari juga ikut berjuang dalam melawan imperialisme Inggris. Akibatnya, beliau ditangkap oleh tentara Inggris dan dibuang ke Singapura. Setelah empat tahun berada di pembuangan, beliau kembali ke Iran dan mengajar di hauzah ilmiah Qum. Beberapa lama kemudian, akhirnya beliau mencapai derajat marja’iyyah. Di Iranpun, Ayatulah Khansaari meneruskan perjaungannya melawan imperialisme Inggris di Iran dan mendukung gerakan rakyat Iran dalam menasionalisasi minyak Iran.

Ayatullah Sayyid Shihabuddin Mar’asyi Najafi Wafat

29 Agustus 1990, Ayatullah Sayyid Shihabuddin Mar’asyi Najafi, salah seorang marji’ taklid kaum muslimin, meninggal dunia pada usia ke-96. Beliau dimakamkan di kompleks perpustakaannya yang besar di kota Qom Iran. Ulama besar ini menimba ilmu fiqih, ushul fiqih, hadis, tafsir, teologi, dan dasar-dasar akhlak di hauzah ilmiah kota Kadzimain dan Najaf, Irak. Setelah mencapai derajat mujtahid, atas permintaan Ayatullah Hairy Yazdi, beliau mengajar di hauzah ilmiah Qom dan melakukan penelitian. Beliau juga aktif dalam perjuangan melawan rezim Syah di sisi Imam Khomeini. Beliau banyak menulis buku di bidang fiqih, ushul fiqih, hadis, dan sufistik. Peninggalan beliau yang paling berharga adalah sebuah perpustakaan besar yang menampung lebih dari 300.000 buku.

Abbas bin Abdul Muthallib Wafat

12 Rajab tahun 32 Hijriah, Abbas bin Abdul Muthallib, salah seoran paman Rasulullah, dan pemuka Quraisy meinggal dunia. Selama hidupnya, ia dikenal sebagai orang yang berakhlak mulia serta memiliki kecerdasan yang tinggi. Sebagian sejarawan meyakini bahwa Abbas telah memeluk Islam secara sembunyi-sembunyi sebelum peristiwa hijrahnya Nabi SAWW ke Madinah. Ialah diyakini para sejarawan tersebut sebagai orang yang menyampaikan berbagai informasi rahasia mengenai gerakan-gerakan kaum musyrikin Mekah yang memerangi kaum muslimin. Abbas secara resmi memeluk Islam pada tahun kedelapan hijriah. Setelah Mekah ditaklukkan, Abbas diperintahkan Nabi untuk menjadi penanggung jawab penyediaan air bagi para peziarah Kabah.

Abu Hudzaifah Wafat

12 Rajab tahun 206 Hijriah, Abu Hudzaifah, seorang periwayat hadits dan sejarawan Islam meninggal dunia. Ia menjadi periwayat hadits setelah menimba ilmu dan mengumpulkan hadits-hadits di kota Mekah dan Madinah. Salah satu karyanya yan terkenal adalah kitab ‘Al-Mubtada’, berisikan kisah penciptaan manusia dan para nabi.

30 AGUSTUS


Nicolas Conte Ciptakan Pensil

30 Agustus 1790, pensil berhasil diciptakan oleh Nicolas Conte dari Jerman. Dia menggunakan sejenis batu bernama grafit dan untuk mencegah tangan menjadi kotor akibat terkena grafit, dia meletakkan batu itu di tengah sepotong kayu. Dewasa ini, salah satu jenis pensil yang digunakan untuk menggambar dinamakan sebagai pensil Conte.

Ernest Rutherford Lahir

30 Agustus 1871, Ernest Rutherford, ahli fisika Inggris terlahir ke dunia di New Zealand. Dia melakukan penelitian mengenai sinar radiasi dan berhasil menemukan sinar alpha, gamma, dan betha. Rutherford meninggal dunia pada tahun 1937.

Muhammad Jawad Bahonar Gugur

30 Agustus 1981, Muhammad Ali Rejai, Presiden Iran dan Muhammad Jawad Bahunar, Perdana Menteri Iran pada waktu itu, gugur syahid akibat ledakan bom di kantor Perdana Menteri di Teheran. Peledakan bom ini dilakukan oleh kelompok teroris Mujahidin Al-Khalq.

Syahid Rejai memulai aktivitas sosialnya dengan menjadi guru. Bersamaan dengan melakukan tugasnya sebagai guru, beliau juga aktif berjuang melawan rezim despotik Syah Pahlevi. Akibatnya, Rejai harus berkali-kali dipenjara dan mengalamai berbagai kesulitan besar. Setelah kemenangan revolusi Islam dan Republik Islam Iran berdiri, Rejai menjabat posisi menteri pendidikan dan pengajaran, anggota Majelis Perwakilan Islami, perdana menteri, dan terakhir menjadi presiden. Ketika Syahid Rejai menjabat sebagai presiden, posisi perdana menteri dipegang oleh Doktor Bahunar. Doktor Bahunar adalah seorang ruhaniwan Islam dan pejuang garis depan dalam melawan rezim Syah.

Setelah syahidnya kedua pemimpin besar Iran yang sangat dikenal keikhlasan dan kerendah-hatiannya ini, Imam Khomeini menyatakan, “Keutamaan kedua syahid ini adalah karena mereka pemimpin yang selalu bersama dengan rakyatnya.”

Naji Ali Gugur

30 Agustus 1987, Naji Ali, seorang desainer dan karikaturis terkenal Palestina gugur syahid. 38 hari sebelumnya, yaitu tanggal 22 Juli 1987, Naji Ali diteror oleh agen mata-mata Israel, Mosad di kantornya di kota London. Setelah 38 hari koma, Naji Ali akhirnya gugur syahid. Naji Ali dilahirkan pada tahun 1937 di Palestina dan pada masa kecilnya, akibat represi rezim Zionis, dia dan keluarganya harus tinggal di daerah pengungsian “Ainul Halwa” di selatan Libanon. Dengan kemampuannya yang besar di bidang desain dan karikatur, Naji Ali berjuang untuk membuka mata dunia mengenai kekejaman rezim Zionis. Enam bulan kemudian, Organisasi Penerbit Internasional menganugerahkan hadiah “Pena Emas Perdamaian” kepada Naji Ali.

Republik Azerbaijan Merdeka

30 Agustus 1991, Republik Azerbaijan mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Sejak abad ke-3, Azerbaijan dikuasai oleh Dinasti Sasani Iran. Pada awal abad ke-19, bagian utara Azerbaijan dikuasai Rusia setelah terjadi perang antara Iran dengan Rusia yang berakhir dengan kekalahan Iran. Pada tahun 1920-an, negara ini dijadikan bagian dari Uni Soviet. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Azerbaijan memisahkan diri dan menjadi negara independen.

Republik Azerbaijan terletak di tepi laut Kaspia, memiliki luas wilayah 86.600 kilometer persegi, dan bertetangga dengan Iran, Armenia, Georgia, dan Rusia.

Timor Timur Berpisah dari Indonesia

30 Agustus 1999, Timor Timur menjadi sebuah negara independen. Kepulauan Tim-tim dan sebagian kepulauan Indonesia lainnya pada tahun 1511 dijajah oleh Potugis. Kemudian, pada pertengahan abad ke-19, Belanda menjajah kepulauan Indonesia kecuali Timtim yang masih tetap dikuasai Portugis. Pada tahun 1945, Indonesia meraih kemerdekaannya sementara Tim-tim masih terus dijajah hingga tahun 1976. Pada tahun itu pula, tentara Indonesia masuk ke Timtim dan memasukkan Timtim ke dalam wilayah Indonesia. Setelah jatuhnya Suharto dari kursi kepresidenan tahun 1998, perjuangan rakyat Timtim semakin menguat dan mendapat dukungan PBB dan negara-negara barat sampai akhirnya berhasil merdeka setelah diadakan referendum.

Ali bin Abi Thalib as Lahir

13 Rajab 23 tahun sebelum Hijrah, Ali bin Abi Thalib, kemenakan Rasulullah, menantu, dan pemimpin kaum muslimin sepeninggal nabi, terlahir ke dunia. Beliau dilahirkan di dalam Ka’bah oleh ibundanya yang bernama Fathimah binti Asad. Ayah beliau adalah Abu Thalib, paman Rasulullah. Sejak kecil, Ali a.s. telah berada dalam asuhan dan didikan Rasulullah dan dia menjadi laki-laki pertama yang menerima ajaran Islam. Pada akhir tahun ke-2 Hijriah, Ali a.s. menikahi purti Rasulullah, Fathimah Az-Zahra . Beliau selalu mendampingi Rasulullah dalam segala duka dan kesulitan dalam menyebarkan Islam dan ikut dalam semua peperangan yang dihadiri Rasululllah, kecuali dalam Perang Tabuk. Imam Ali a.s. selain dikenal karena keberaniannya, juga amat terkenal kedermawanan dan kelembutan hatinya. Beliau selalu membantu dan melindungi fakir miskin, kaum tertindas, dan anak yatim. Ketika menjadi khalifah kaum muslimin, beliau menjalankan pemerintahan dengan sangat adil. Dalam beribadah kepada Allah, beliau dikenal sangat tekun dan khusyuk, sampai-sampai, beliau tidak merasakan ada anak panah menancap di tubuhnya pada saat sedang shalat. Imam Ali a.s. gugur syahid akibat dibunuh oleh musuhnya ketika beliau sedang shalat pada usia ke 63 tahun. Salah satu hadis dari Imam Ali adalah, “Berperilakulah dengan baik kepada masyarakat, sehingga ketika engkau mati, mereka akan menangisimu dan ketika engkau hidup mereka akan baik kepadamu.”

31 AGUSTUS


Inggris dan Rusia Tandatangani Perjanjian Tentang Wilayah Iran

31 Agustus 1907, pemerintah imperialis Inggris dan Rusia dengan menandatangani sebuah perjanjian, telah membagi wilayah Iran menjadi tiga bagian. Berdasarkan perjanjian ini, wilayah tengah Iran dinyatakan tidak berpihak. Wilayah utara dan sebagian wilayah Barat Iran dibawah kontrol Rusia dan wilayah selatan dikuasai oleh Inggris. Penandatanganan perjanjian pembagian wilayah ini tidak melibatkan pemerintah Iran saat itu, yaitu raja Dinasti Qajar, karena lemahnya kekuatan dinasti ini. Karena itu, perjanjian ini menimbulkan kemarahan rakyat dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Iran. Inggris dan Rusia keluar dari wilayah Iran setelah terjadi revolusi di Rusia.

Malaysia Merdeka

31 Agustus 1957, Malaysia meraih kemerdekaannya dari Inggris. Masyarakat Malaysia sejak abad ke-13 secara bertahap mengenal Islam. Pengaruh Eropa masuk ke negara ini pada awal abad ke-16 dengan masuknya Alburquerque, pelaut Portugis. Pada abad ke 17, Belanda menguasai Malaysia. Kemudian pada tahun 1824 atas perjanjian antara Belanda dan Inggris, Malaysia diserahkan kepada Inggris dan Indonesia diserahkan kepada Belanda.

Pemerintahan Malaysia berbentuk federasi dan tiap negara bagian dipimpin oleh seorang Sultan. Wilayah Malaysia terdiri dari dua bagian terpisah di tepi Laut Cina Selatan. Luas wilayah negara ini adalah sekitar 330 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Indonesia dan Thailand.

Trinidad dan Tobago Merdeka

31 Agustus 1962, Trinidad dan Tobago, sebuah negara di Amerika Selatan, meraih kemerdekaannya dari Inggris. Negara ini pada awalnya dijajah oleh Spanyol namun pada tahun 1802 Spanyol menyerahkannya kepada Inggris. Kemudian, Trinidad dan Tobago dijadikan pusat Federasi Hindia Barat. Pada tahun 1962, Federasi Hindia Barat bubar dan Trinidad Tobago meraih kemerdekaannya. Republik Trinidad dan Tobago hanya memiliki luas wilayah 5128 kilometer persegi, namun pendapatan perkapitanya amat tinggi yaitu di atas 6000 dolar karena kaya sumber minyak lepas pantai.

Imam Musa Shadr Hilang Secara Misterius

31 Agustus 1978, Imam Musa Shadr, seorang ulama kelahiran Iran, dalam perjalanannya dari Aljazair ke Libanon, hilang secara misterius. Beliau dilahirkan di kota Qom Iran, lalu melanjutkan pelajaran ke Libabnon. Pada saat itu umat muslim Libanon berada dalam kondisi politik dan ekonomi yang amat buruk. Imam Musa Shadr kemudian beraktivitas dalam memperbaiki kondisi ini, di antaranya dengan mendirikan Majelis Tinggi Syiah Libanon dan menjadi ketuanya. Beliau juga mendirikan Harakatul Mahrumin, sebuah organisasi perlindungan bagi perjuangan rakyat Palestina. Hingga kini, tidak banyak informasi yang berhasil didapat mengenai kehidupan beliau.

Uzbekistan Merdeka

31 Agustus 1991, Uzbekistan mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Sejak abad ke-6 sebelum Masehi, Uzbekistan menajdi bagian dari imperium Iran. Seterusnya, secara bergantian, penguasa Iran dan non-Iran berkuasa di sana. Setelah masuknya kaum muslimin ke Uzbekistan pada pertengahan abad ke-7 Masehi, ajaran Islam menyebar di kawasan ini. Pada akhir abad ke 9, dinasti Samani dari Iran menguasai negeri ini sehingga bahasa serta kebudayaan Persia tersebar luas di sana. Pengaruh Rusia masuk pada akhir abad ke-17 dan berkuasa di sana hingga abad ke dua puluh. Uzbekistan berhasil meraih kemerdekaan setelah bubarnya Uni Soviet.

No comments:

Post a Comment

Extra Ads