17.12.11

10 Arti Peribahasa yang Berawalan Ada

Peribahasa adalah ungkapan atau kalimat-kalimat ringkas ,padat yang berisi perbandingan perumpamaan, nasehat , prinsip hidup dan aturan tingkah laku.

Peribahasa juga bisa diartikan pengertian yang menyatakan bahwa peribahasa adalah ayat atau kelompok kata yang mempunyai susunan yang tetap dan mengandung pengertian tertentu, bidal, dan pepatah.

Biasanya peribahasa mempunyai arti khusus atau kias. Adapun makna tersirat yang terdapat dalam sebuah peribahasa yaitu berkaitan dengan sikap dan perlakuan manusia yang digambarkan dengan berbagai situasi yang dengan sikap dan perlakuan manusia yang digambarkan dengan berbagai situasi yang berkaitan dengan alam sekeliling seperti benda, hewan dan tumbuh-tumbuhan dengan tujuan untuk pengajaran atau teguran dengan cara yang sopan dan halus.

Penggunaan bahasa dalam sebuah peribahasa biasanya menggunakan bahasa yang baku, sangat berbeda dengan penggunaan bahasa pada pantun nasehat, pantun jenaka maupun pantun cinta . Disini saya akan memberikan banyak Contoh Peribahasa bahasa indonesia beserta artinya yaitu sebagai berikut :
  1. Arti Peribahasa Tolak tangan berayun kaki, peluk tubuh mengajar diri. Artinya : Belajar untuk mengendalikan diri dan meninggalkan kebiasaan bersenang-senang.
  2. Arti Peribahasa Tong kosong nyaring bunyinya. Artinya : Orang yang bodoh biasanya banyaknya cakapnya/ pembicaraannya.
  3. Arti Peribahasa Tong penuh tidak berguncang, tong setengah yang berguncang. Artinya : Orang yang berilmu tidak akan banyak bicara, tetapi orang bodoh biasanya banyak bicara seolah-olah tahu banyak hal.
  4. Arti Peribahasa Ada Padang ada belalang, ada air ada pula ikan. Artinya : Dimana pun berada pasti akan tersedia rezeki buat kita.
  5. Arti Peribahasa Ada air ada ikan. Artinya : Dimanapun kita tinggal,rezeki akan selalu ada.
  6. Arti Peribahasa Ada asap ada api. Artinya : Tak dapat dipisahkan, munculnya suatu kejadian / masalah pasti ada penyebabnya.
  7. Arti Peribahasa Ada gula ada semut. Artinya : Dimana banyak kesenangan disitulah banyak orang datang.
  8. Arti Peribahasa Arti Peribahasa Ada harga ada rupa. Artinya : Harga suatu barang tentu disesuaikan dengan keadaan barang tersebut.
  9. Arti Peribahasa Ada pasang turun naik. Artinya : Kehidupan di dunia ini tak ada yang abadi, semua senantiasa silih berganti.
  10. Arti Peribahasa Ada rotan ada duri. Artinya : Kesenangan tentu ada kesusahan.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Daftar Upah Minimum Regional (UMR) Upah Minimum Provinsi (UMK) Upah Minimum Kabupaten (UMK) Terbaru

Upah Minimum Regional (UMR) Terbaru - Upah minimum provinsi yang kemudian dikenal dengan istilah UMP atau UMR adalah daftar atau standar up...

Popular Posts