17.12.17

Indonesia Pindah Ibu Kota

Jakarta (detik.com/sumber) Pemerintah saat ini masih melakukan kajian terkait pemindahan Ibu Kota. Menteri PP/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro nanti melaporkan hasil kajian tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bambang mengatakan bahwa hingga saat ini sudah ada beberapa pilihan daerah yang akan ditetapkan sebagai Ibu Kota. Nantinya, daerah-daerah tersebut akan dimasukkan dalam kajian.

"Sudah muncul beberapa kandidat, nanti akan disampaikan dalam kajiannya," kata Bambang usai Sarasehan 100 Ekonom 2 di Grand Sahid, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Lebih lanjut, Bambang enggan menyebutkan pilihan daerah calon Ibu Kota tersebut. Namun dirinya memastikan bahwa bakal calon Ibu Kota tersebut akan berada di luar Pulau Jawa.

"Nggak boleh, yang pasti luar Jawa," tuturnya.

Dirinya pun berencana menyelesaikan kajian tersebut pada akhir Desember nanti. Sehingga ketika kajian tersebut selesai dapat langsung melakukan laporan kepada Jokowi.

"Daerah a,b,c. Saya harus lapor dulu ke presiden. Akhir Desember selesai, baru lapor presiden. Sekarang hampir selesai," tuturnya.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa kajian tersebut terkait dengan lokasi, skema pembiayaan, perkiraan kebutuhan. Tapi hal tersebut belum terkait desain kotanya.

"Lokasi, termasuk skema pembiayaan, perkiraan kebutuhan, dan lain-lain. Tapi belum sampai desain mengenai kotanya," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Daftar Upah Minimum Regional (UMR) Upah Minimum Provinsi (UMK) Upah Minimum Kabupaten (UMK) Terbaru

Upah Minimum Regional (UMR) Terbaru - Upah minimum provinsi yang kemudian dikenal dengan istilah UMP atau UMR adalah daftar atau standar up...

Popular Posts