Makalah Sejarah Komputer dan Internet Mata Pelajaran TIK

Sejarah Komputer dan Internet ini hasil kerja kelompok kami. Semoga bermanfaat ya. Diposting oleh blog Marini Ayu Pangestika. Semoga bermanfaat ya.

KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Allah SWT yang telah menganugerahkan kepada kita semua buah kecerdasan yaitu otak, dengan kapasitor memori yang besar, sehingga kita sebagai khalifah di muka bumi ini, merupakan makhluk yang paling mulia derajatnya dari sebaik-baik kejadian dari semua makhluk yang diciptakan Allah.


 Shalawat dan salam senantiasa terpanjatkan kepada Nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju dunia yang terang benderang, sampai dengan saat ini. Alhamdulillahirobbil alamin, dalam kesempatan kali ini penulis beserta kolega nya telah menyelesaikan satu buah makalah yang berjudul

“ SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI AWAL HINGGA SEKARANG” makalah ini dibuat sebagai tugas kelompok mata kuliah  Aplikasi Komputer, yang dalam hal ini sekaligus bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai sejarah komputer canggih yang kita gunakan sekarang pada masanya dulu.

Tidak banyak kata yang dapat diutarakan penulis, mengingat manusia adalah tempatnya salah, oleh sebab itu kami sadar bahwa makalah ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Sehingga kritik dan saran dari pembaca sangat di harapkan.


Palembang , 12 september 2014


                                                                                                               Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGHANTAR

BAB I

PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Tujuan

BAB II

LANDASAN TEORI
2.1  Pengertian Komputer
2.2  Bagian Bagian Komputer

BAB III

PEMBAHASAN
3.1  Proses Perkembangan Komputer
3.2  Generasi Pertama
3.3  Generasi Kedua
3.4  Generasi Ketiga
3.5  Generasi Keempat
3.6  Generasi Kelima

BAB IV

PENUTUP
4.1  Kesimpulan
4.2  Saran




BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Di zaman modern seperti saat ini komputer bukan lagi barang yang aneh. Komputer begitu penting terutama sebagai penunjang segala kegiatan seperti belajar mengajar , bisnis dll. Dengan menggunakan komputer seseorang dapat memudahkannya dalam pekerjaan. Dan manfaat dari komputer lainnya adalah :
1.      Efisien waktu
2.      Menghemat biaya
3.      Menghemat tenaga
4.      Kecermatan dalam menghitung
Semua orang mungkin tau apa itu komputer namun tidak semua orang tau sejarah perkembangan awal dari komputer itu tersebut. Oleh karena itulah resume tentang “SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI AWAL HINGGA SEKARANG” ini dibuat dan juga untuk tugas yang diberikan.

1.2       Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian atau definisi dari komputer ?
2.      Bagaimana perkembangan teknologi khususnya komputer dari pertama ditemukan sampai sekarang ?

1.3       Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian atau definisi dari komputer.
2.      untuk mengetahui pemahaman konsep kepada pembaca terhadap perkembangan komputer dari generasi ke generasi.












BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Komputer
            Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Komputer berasal dari kata computere artinya menghitung aritmatika. Komputer secara umu digunakan untuk proses perhitungan artimatika, tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung

2.2 Bagian-bagian Komputer
            Hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut perangkat keras yaitu berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, yang artinya peralatan ini dapat disentuh dan terlihat fisiknya. peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:
  Perangkat Masukan (Input Device)                              
         Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
Perangkat Keluaran (Output Device)             
        Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor, speaker, dan printer.
Perangkat pengolah data (Processor)               
        Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.




BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Proses Perkembangan Komputer
              Perkembangan teknologi komputer yang dijabarkan di bawah ini di bagi atas  empat generasi berdasarkan atas komponen-komponen yang digunakannya, mulai dari yang berukuran “big” hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan komponennya.

3.2 Generasi Pertama
            Komputer generasi pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959. Saat ini merupakan zamannya komputer-komputer raksasa, seperti Z3, Colossus, ENIAC, EDVAC, EDSAC, UNIVAC I.
            Karakteristik komputer pada zaman ini ditandai dengan ukurannya yang hampir sebesar kamar tidur, mengunakan tube vakum dengan jumlah yang amat banyak untuk menyimpan dan memproses perintah atau instruksi, memakan tenaga listrik ribuan watt, menggunakan bahasa mesin dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih..
   Komputer genarasi pertama ini disebut juga sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatlah lambat.

Ciri-ciri komputer generasi pertama :

    Silinder  magnetik untuk menyimpan data
    Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
    Kapasitas penyimpanan kecil.
    Program cuma bisa dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
    Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
    Cepat panas.
    Proses kurang cepat.
    Memerlukan dya listrik yang besar.
    Orientasi pada aplikasi bisnis.


Komputer generasi pertama memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
·         Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
·         Banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
·         Prosesnya relatif lambat
·         Memerlukan Kapasitas untuk menyimpan data kecil.


3.3 Generasi Kedua
            Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. 
Penemuan lainnya yaitu penggunaan memori inti magnetik yang berfungsi menyimpan data, sehingga lebih cepat dalam pemrosesan data, serta bahasa mesin telah digantikan dengan bahasa assembly (Fortran dan Cobol) yang memudahkan dalam pengoperasiannya. Beberapa contoh komputer pada masa ini, yaitu Stretch, LARC, DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090 dan IBM 7094.
Komputer generasi kedua ini muncul pada era 1960-1964 dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama yaitu kira kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi.

Ciri-ciri komputer Generasi kedua :

    Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage
    Berorientasi pada bisnis dan teknik.
    Tidak terlalu banyak mengeluarkan panas.
    Program dapat di buat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
    Proses operasi sudah cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
    Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
    Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)


Komputer generasi kedua memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
·         Ukurannya relatif kecil
·         Tidak banyak mengeluarkan panas
·         Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk
·         Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai komputer secara bersama-sama)
·         Proses relatif lebih cepat
·         Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.


3.4 Generasi Ketiga
Era baru komunikasi komputer mulai menapakkan kakinya pada momentum ini. Sebagian besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem on-line dengan menggunakan terminal jarak jauh dalam pemakaian komputer.
 Teknologi ini tentunya didukung pula oleh kinerja komputer yang semakin baik dari segi penggunaan hardware maupun software. Penemuan baru di bidang hardware dilakoni dengan munculnya IC (Integrated Circuit) dalam komponen komputer.
 Karena kelebihannya dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga komputer pada saat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan kinerjanya.
 Pada bagian software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi Programming) mulai dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemrograman yang ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360adalah beberapa contoh komputer pada generasi ini.

Ciri ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
·         Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
·         Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
·         Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan.
·         Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.

Komputer generasi ketiga memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
·         Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
·         Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
·         Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
·         Prosesnya sangat cepat
·         Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.


3.5 Generasi Keempat
Komputer generasi keempat adalah komputer yang kita temui pada saat ini. Komputer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda. Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputerpun lebuh sederhana.
Pada periode ini berbagai IC disatukan menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI (Very Large Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah dan berkembang mulai diterapkan pada komputer-komputer rumahan, seperti word processing dan spreadsheet.Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya hanya dinikmati oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa digunakan juga oleh masyarakat awam.Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak lagi digunakan hanya pada komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk elektronik lainnya, seperti televisi dan microwave.

Ciri ciri komputer generasi keempat adalah sebagai berikut :

    Komponen elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip
    Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network)
    Program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL.


 Komputer generasi keempat memiliki sifat-sifat sebagai berikut :

    Ukurannya relatif lebih kecil
    Sudah menerapkan Multi Programming dan Multi Processing
    Mengenal DataBase Management System (DBMS).

 
3.6 Generasi Kelima
Pada masa ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocesor, serta munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Komputer Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam dan keunggulan lainya adalah kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

Ciri ciri komputer generasi kelima adalh sebagai berikut :

    Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang
    Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI
    Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
    Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.


Komputer generasi keempat memiliki sifat-sifat sebagai berikut :

    Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
    Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
    Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
    Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
    Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
    Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.


 
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasanya, komputer memiliki    beberapa fase sebelum mencapai bentuk yan g canggih seperti sekarang. Yang bertujuan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan kantor dan semacamnya dengan aplikasi dan program yang ada didalamnya.

4.2 Saran
Dengan terus menggeliatnya perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi, alangkah baiknya jika dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif sekaligus berkarakter religius, sehingga mampu untuk menggunakan teknologi dengan mindset yang kritis terhadap kemajuan iptek, dan bersumbagsi untuk orang-orang disekitar.

Sekian yah postingan dari saya, semoga bermanfaat buat loe loe pada, Terimakasih..

Baca juga
Sejarah Komputer dari sumber-sumber dibawah ini

Sejarah komputer - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
Sejarah komputer mencakup perangkat keras, arsitekturnya, dan ... Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah ...
‎Pengertian komputer · ‎Generasi komputer · ‎Generasi pertama · ‎Generasi kedua
Sejarah perkembangan komputer - Wikipedia bahasa Indonesia ...
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer
Cowok yang suka == Sejarah Perkembangan Komputer == Istilah Komputer berasal dari bahasa latin "computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya ...
Sejarah Komputer dan Perkembangan Komputer (Lengkap)
www.nesabamedia.com › Komputer
Kenali sejarah komputer beserta perkembangannya secara lengkap dan detail. Perkembangan komputer dimulai dari generasi pertama pada tahun...
Pengertian Dan Sejarah Komputer Generasi Satu Hingga Generasi ...
bilkonet.blogspot.com › Komputer › Sejarah Komputer
BILKONET - Pengertian Dan Sejarah Komputer. Di era modern seperti saat ini, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer.
Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Ilmusiana
www.ilmusiana.com › Komputer › Teknologi
Sejarah komputer terus mengalami perkembangan dari generasi ke generasi. Kami akan membahas sejarah itu secara singkat namun lengkap disini. Komputer ...
Sejarah Komputer dari Generasi Perkembangan Beserta Gambar [+ ...
https://infoana.com/sejarah-komputer/
Sejarah komputer perkembangan dari komputer generasi pertama, generasi kedua, generasi ketiga, generasi keempat akan dibahas lengkap dan gambar ...
Sejarah Komputer | Ilmu Pengetahuan Informasi Teknologi
ilmupengetahuan.org/sejarah-komputer-dan-perkembangannya/
19 Agt 2013 - Sejarah komputer dan perkembangannya tidak lepas dari perhitungan operasi artimatika. Berikut penjelasan perkembangan komputer dari ...
TUGAS Basic Komputer: Sejarah Komputer Generasi 1-5
roby-xtkj-1.blogspot.com/p/sejarah-komputer-generasi-1-5.html
Sejarah Komputer Generasi 1-5. Sejak dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan ...
Sejarah Komputer | Belajar Teknologi
students.stthamzanwadi.ac.id/salihin/category/sejarah-komputer/
7 Jan 2016 - Mengenal lebih dekat tentang sejarah perkembangan komputer dari awal sampai akhir mulai generasi pertama sampai generasi kelima.
Pengertian & Sejarah Komputer Lengkap | Komputer Junior
https://akazijun.wordpress.com/2012/12/06/pengertian-sejarah-komputer-lengkap/
6 Des 2012 - Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia ...
Penelusuran yang terkait dengan sejarah komputer

sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang

sejarah komputer lengkap

sejarah komputer dari generasi ke generasi

sejarah komputer pdf

rangkuman sejarah komputer

makalah sejarah komputer

sejarah komputer generasi 1-5

sejarah komputer generasi pertama